Sukses

Beauty

Cara Mencegah dan Fakta Tentang Jerawat Hormonal

Fimela.com, Jakarta Jerawat merupakan masalah kulit yang sering mengganggu perempuan. Jerawat dapat disebabkan karena banyak faktor, salah satunya adalah faktor hormonal. Jika dibiarkan jerawat seringkali mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Kadar hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh, bisa menyebabkan perubahan jenis kulit seperti kulit kering, kulit berminyak hingga menjadi penyebab jerawat. Apalagi jika seorang perempuan sedang mengalami haid. Hormon penyebab jerawat akan lebih mudah muncul, dan mengakibatkan peradangan pada kulit wajah.

Berikut cara mencegah jerawat hormonal, dan fakta tentang jerawat hormon, dirangkum dari berbagai sumber:

Hormon Androgen Penyebab Jerawat

Jerawat bisa saja terjadi karena hormon pada seorang perempuan tidak seimbang. Ada dua jenis hormon, yang bisa menyebabkan timbulmnya jerawat di wajah. Jenis hormon yang pertama yaitu hormon androgen. Peningkatan kadar hormon androgen yaitu testosteron, bisa meningkatkan produksi minyak berlebih di wajah.

Wajah yang terlalu berminyak, bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, yang kemudian akan memicu munculnya jerawat. Hormon androgen bisa meningkat, akibat seorang perempuan mengalami pubertas, kehamilan dan efek samping obat KB.

Hormon Estrogen Penyebab Jerawat

Hormon kedua yang bisa memicu timbulnya jerawat, yaitu hormon estrogen yang ada pada seroang perempuan, yang berbeda dengan hormon testosteron atau androgen. Jika peningkatan hormon androgen atau testosteron mengalami peningkatan, bisa memicu pertumbuhan jerawat, tetapi jika memiliki kadar hormon estrogen terlalu rendah akan memicu timbulnya jerawat.

Kadar hormon estrogen akan menurun ketika perempuan sedang menstruasi, perimenopause, atau memiliki penyakit ginjal dan anoreksia.

Membersihkan Kulit

Cara mencegah jerawat yang timbul karena hormon, Sahabat Fimela harus rajin membersihkan wajah, dan rutin menggunakan produk perawatan kulit khusus untuk jerawat. Perubahan atau ketidakseimbangan hormon pada perempuan, bisa membuat kulit menjadi kering, berminyak atau berjerawat.

Jika tidak rajin membersihkan wajah, kotoran akan mudah menempel, dan menyebabkan bakteri serta kuman berkembang biak di wajah. Selain memicu timbulnya jerawat, jarang merawat kulit bisa membuat kulit mudah iritasi, dan mengalami tanda-tanda penuaan dini.

Gunakan sabun pencuci wajah khusus untuk kulit berjerawat, sertai dengan penggunakan penyegar atau pelembap wajah, dan rutin melakukan eksfoliasi kulit dengan masker wajah.

Menggunakan Obat Jerawat

Untuk membantu mencegah timbulnya jerawat yang disebabkan karena hormon, atau karena faktor lain, bisa menggunakan obat jerawat baik yang bisa dipakai secara umum atau resep dokter. Bagi kamu yang memiliki jerawat pada kulit berminyak, bisa menggunakan obat jerawat yang mengandung retinoid, benzoil peroksida dan asam salisilat.

Sedangkan untuk yang memiliki jerawat pada kulit kering, gunakan obat jerawat yang memiliki kandungan selain benzoil peroksida, asam salisilat dan asam azelaic.

Semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Simak Gaya Anggun Melanie Hemrick Pacar Mick Jagger yang Beda Usia 42 Tahun
Artikel Selanjutnya
Pewarnaan Rambut Airtouch Harus Dilakukan Profesional Bersertifikasi