Sukses

Beauty

4 Jenis Bahan Rumahan untuk Mencegah Kulit Kusam

Fimela.com, Jakarta Kulit kusam merupakan masalah kulit yang sering dialami perempuan. Kulit kusam bisa disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari, stres, faktor usia, kulit dehidrasi dan bisa juga disebabkan karena kurang tidur.

Kulit kusam merupakan salah satu dari tanda-tanda penuaan dini. Kulit kusam bisa diatasi dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit, yang memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, AHA, BHA, niacinamide dan lain-lain.

Selain menggunakan produk-produk tersebut, ternyata beberapa bahan rumahan bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit kusam. Berikut jenis bahan rumahan yang mencegah kulit kusam, dilansir dari Dream.co.id:

Timun

Bahan rumahan yang pertama adalah timun. Timun dipercaya bisa membantu mengatasi masalah kulit kusam, karena timun mengandung antioksidan, yang bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Timun memiliki sifat untuk menghidrasi. Sehingga timun berfungsi untuk mencegah kulit yang dehidrasi, karena kekurangan cairan. Selain itu, timun juga berfungsi untuk membantu mencerahkan kulit yang kusam.

Untuk mencegah kulit kusam, Sahabat Fimela bisa memarut setengah buah timun, lalu campurkan dengan lidah buaya. Setelah itu oleskan masker timun ini ke seluruh area wajah, biarkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

 

Pepaya

Pepaya adalah buah yang memiliki kandungan kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Selain itu, bauh pepaya juga memiliki kandungan antioksidan. Kandungan yang terdapat di dalam buah pepaya ini, bisa membantu mencegah kulit yang kusam.

Buah pepaya juga memiliki kandungan yang bersifat asam alfa hidroksi, yang bisa membantu mengeksfoliasi kulit, meregenerasi kulit, menyamarkan noda hitam dan menghilangkan bekas luka.

Pepaya yang sudah matang bisa dijadikan masker wajah, dengan dihaluskan dan dicampur dengan madu dan perasan lemon. Lalu aplikasikan masker diwajah dan tunggu hingga 15 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

Yogurt

Bahan rumahan yang bisa dijadikan untuk mencegah kulit kusam selanjutnya yaitu yogurt. Yogurt memiliki kandungan asam laknat, yang bisa membantu membersihkan pori-pori hingga terdalam. 

Yogurt juga bisa membantu mencerahkan kulit, mencegah proses penuaan dini pada kulit dan melembapkan kulit. Masker yogurt ini bisa digunakan kurang lebih dua kali dalam seminggu.

Cara menggunakan masker yogurt ini sangatlah mudah, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan yogurt tawar dengan setengah sendok teh bubuk kunyit, lalu aplikasikan di wajah hingga leher, tunggu hingga masker kering dan bilas dengan air dingin.

 

Kulit Jeruk

Buah lemon sangat terkenal dengan kandungan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kandungan vitamin C yang ada di dalam lemon, bisa membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit, mencerahkan kulit dan menjaga elastisitas kulit.

Sedangkan antioksidan bisa membantu menjaga sel kulit, mencegah proses penuaan dini dan juga mengatasi jerawat. Lemon bisa dijadikan masker wajah untuk mengatasi kulit kusam. Namun hanya boleh digunakan seminggu satu kali saja.

Caranya adalah, mengupas lemon lalu keringkan kulitnya. Setelah itu haluskan kulit lemon menjadi bubuk halus, dan campurkan dengan madu, lalu aplikasikan di wajah hingga kering.

 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengintip 6 Langkah Dapatkan Kulit Sehat dan Glowing ala Kate Hudson
Artikel Selanjutnya
5 Cara Minimalisir Tampilan Pori-Pori Wajah yang Besar