Sukses

Beauty

7 Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Tak hanya ketombe dan rambut rontok saja yang menjadi permasalahan rambut banyak orang. Melainkan ada satu lagi permasalahan yang kerap dihadapi, yaitu rambut bercabang.

Rambut bercabang terjadi jika ujung rambut kering, rampuh, dan mudah patah. Lalu sebenarnya apa sih yang menyebabkan rambut bisa bercabang? Berikut ulasannya melansir allthingshair.com.

1. Cuaca

Rambut terkena kondisi cuaca ekstrim pun akan menyebabkan rambut bercabang.

2. Teknik perawatan rambut

Pengeringan rambut, pelurusan, pengeritingan, hingga pewarnaan rambut dapat menyebabkan rambut bercabang.

3. Produk rambut kimiawi dan warna

Dengan begitu banyak orang menggunakan produk rambut setiap hari, ujung rambut bercabang adalah hal biasa. Misalnya saja pewarnaan rambut atau pelurusan dan pengeritingan, perawatan ini umumnya menggunakan banyak bahan kimia yang dapat menguras dan menghilangkan kelembapan alami rambut, membuatnya kering dan rentan pecah.

Proses kimiawi merusak rambut dari dalam ke luar dan membuat kutikula lebih lemah, membuatnya sangat rawan ujungnya. Baiknya gunakan sistem pencucian dan perawatan yang menutrisi rambut.

 

4. Menggunakan karet gelang untuk menguncir rambut

Karet gelang dapat merusak rambut karena gesekan bahan tersebut ke sehelai rambut. Ini bisa menjadi salah satu penyebab ujung rambut bercabang kasar. Baiknya gunakan ikat rambut berlapis kain atau spiral.

5. Keramas berlebihan

Meskipun penting untuk menjaga rambut tetap bersih dan kulit kepala tetap sehat, mencuci rambut secara berlebihan dapat menyebabkan kehilangan minyak alaminya. Ini menghasilkan pengering, ujung yang lebih kasar.

Sebagai aturan umum, sampo dan kondisioner harus digunakan sebagai satu sistem, yang membuat rambut tidak mudah patah dan bercabang.

6. Pengeringan dengan handuk

Bahkan teknik mengeringkan handuk yang sering dilakukan dapat menyebabkan kerusakan rambut. Baiknya setelah mandi, gunakan handuk berserat mikro pada rambut untuk mengeringkan, atau lebih baik lagi, t-shirt bersih!

7. Tidak menggunakan kondisioner

Jangan sepelekan penggunaan dan manfaat kondisioner setelah keramas agar rambut bercabang bisa terhindari.

 

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Panduan Lengkap Merawat Rambut di Rumah, Ternyata Nggak Seribet yang Dibayangkan
Artikel Selanjutnya
6 Cara Lama Atasi Berbagai Masalah Kecantikan dengan Bahan Alami