Sukses

Beauty

4 Urutan Skincare Malam untuk Kulit Berminyak

Fimela.com, Jakarta Kulit berminyak adalah kondisi saat kelenjar sebasea terlalu banyak memproduksi minyak di wajah. Sebenarnya minyak alami yang diproduksi kelenjar minyak ini, bisa membuat kulit wajahmu terlihat lebih lembap. Selain itu, bisa mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya garis halus dan kerutan.

Tetapi kalau kelenjar minyak terlalu banyak memproduksi minyak, bisa menyebabkan kulit wajah terlihat kusam, menyumbat pori-pori, menyebabkan komedo dan memicu munculnya jerawat. Kondisi ini akan membuat seorang perempuan menjadi tidak percaya diri.

Kulit yang terlalu berminyak bisa dicegah dengan menggunakan kandungan skincare yang tepat. Selain itu, urutan penggunaan skincare untuk merawat kulit berminyak juga harus benar. Berikut urutan skincare untuk kulit berminyak yang diaplikasikan pada malam hari:

Penyebab Kulit Berminyak

Kulit berminyak dapat disebabkan karena berbagai macam faktor. Ada beberapa faktor penyebab kulit berminyak yang tidak dapat dihindari tapi bisa dikontrol, seperti faktor genetika. Saat kamu memiliki keturutan keluarga yang memiliki kondisi kulit berminyak, maka kulit wajahmu juga akan berminyak. Selain itu faktor perubahan hormon saat sedang hamil atau datang bulan, juga bisa mempengaruhi produksi kelenjar minyak, lalu menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berminyak.

Saat memasuki usia remaja atau pubertas, kulit berminyak lebih sering muncul daripada usia dewasa. Karena saat usia dewasa produksi minyak akan menurun dan mengalami penuaan dini. Faktor lain seperti terlalu banyak mengonsumsi gula, makanan berlemak, cuaca yang berubah-ubah serta menggunakan kandungan skincare yang tidak tepat bisa memicu kulit wajah menjadi lebih berminyak.

Kulit berminyak bisa muncul di area wajah, rambut dan punggung. Kulit berminyak biasanya ditandai dengan kondisi lengket, terlihat mengkilap dan berkilau, pori-pori yang besar, karena pori-pori tersumbat oleh minyak yang berlebih, yang menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat di wajah. Kulit berminyak yang terjadi di bagian kepala, biasanya membuat rambut lebih lepek, muncul ketombe dan rambut terlihat lebih kusam.

Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak

Hyaluronic Acid

Kulit berminyak adalah kondisi kulit saat produksi minyak terlalu berlebih. Sebenarnya kondisi ini disebabkan karena kulit yang dehidrasi. Sehingga kulit berminyak memerlukan skincare yang memiliki kandungan bahan aktif, seperti kandungan hyaluronic acid yang berfungsi untuk melembapkan dan menghidrasi kulit wajah.

Dimethicone

Walaupun kulit berminyak terlihat lebih lembap dan berkilau, tetapi kulit berminyak tetap memerlukan produk skincare yang berfungsi untuk melembapkan kulit, seperti dimethicone yang membuat kulit wajah lembap tanpa mengkilap.

Niacinamide

Kandungan niacinamide sangat baik untuk merawat kulit berminyak. Kandungan ini bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah, menghilangkan jerawat dan mengatasi hipermentasi pada kulit.

Salicylic Acid

Kulit minyak bisa dirawat dengan menggunakan kandungan salicylic acid. Kandungan ini bisa membantu mengontrol produksi minyak, mencegah timbulnya jerawat dan membantu membersihkan pori-pori.

Urutan Skincare Malam untuk Kulit Berminyak

1. Cleanser

Urutan pertama saat mengaplikasikan skincare di kulit yang berminyak, yaitu dengan menggunakan double cleanser, yaitu membersihkan wajah dengan cleansing balm atau cleansing oil, kemudian dilanjutkan dengan facial wash yang berbasis air atau gel yang mengandung salicylic acid.

2. Toner

Untuk mengontrol produk minyak, urutan yang selanjutnya adalah menggunakan toner eksfoliasi setiap seminggu tiga kali, untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di dalam pori-pori. Selain menggunakan toner eksfoliasi, gunakan toner hidrasi untuk melembapkan kulit wajah.

3. Serum

Setelah menggunakan toner, urutan yang ketiga adalah menggunakan serum yang memiliki fungsi untuk mengontrol minyak, melembapkan dan menghidrasi kulit wajah.

4. Pelembap

Urutan skincare yang selanjutnya adalah menggunakan pelembap yang berfungsi untuk melembapkan, mencerahkan dan mengontrol minyak. Pelembap yang bisa digunakan adalah pelembap yang memiliki tekstur air atau gel.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading