Sukses

Beauty

Jangan Putus Asa, Ini 8 Cara Alami Hilangkan Komedo Bandel

Fimela.com, Jakarta Komedo memang rumit untuk dipahami, meski kita sudah merawat wajah dengan baik, kadang komedo muncul begitu saja. Sebab itu, tak ada salahnya rutin menghilangkan komedo dengan cara rumahan disarankan.

Termasuk oleh dermatologis Alexander Dane dari Dermatologist & Dermatologic Surgeons di Morristown, New Jersey. Menurutnya untuk jerawat yang merupakan komedo, bisa dihilangkan dengan beberapa cara alami untuk membantu mengurangi pori-pori tersumbat.

 

1. Baking soda dan air

Soda kue merupakan bahan dapur yang hampir dimiliki setiap orang. Dr. Dane mengatakan soda kue membantu menetralkan ketidakseimbangan pH yang mungkin dialami kulit, serta berfungsi sebagai pengelupasan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

Caranya campurkan dua sendok makan baking soda dan 2 sendok makan air untuk membentuk pasta. Pijat pasta ke wajah dan bilas dengan air hangat. Campuran ini bisa membuat kulit kering, jadi jangan lakukan lebih dari dua kali seminggu. Pastikan juga untuk melembapkan kulit setelahnya.

 

 

2. Gula merah dan madu

Gula merah, madu, dan jus lemon merupakan campuran pengelupasan kulit yang bisa dipakai di dagu dan hidung. Dr. Dane merekomendasikan untuk mencampurkan satu sendok makan gula merah, 2 sendok makan lemon, dan satu sendok makan madu mentah.

Jika sudah tercampur, oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar dan pijat selama lima menit sebelum dibilas dan memakai pelembap.

3. Tea tree oil

Para ahli mengatakan kita bisa mengoleskan langsung tea tree oil pada dagu dan hidung. Sebab kandungannya bisa membunuh bakteri. Kita bisa menemukan sejumlah produk mengandung tea tree oil seperti sabun, krim, sampai minyak esensial.

 

 

4. Kunyit kasturi

"Kunyit dapat digunakan untuk membantu menghilangkan komedo karena sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-inflamasi," ujar Dr. Dane. Namun penting untuk diperhatikan jika kunyit bisa meninggalkan noda di kulit namun tidak dengan kunyit kasturi.

Caranya ambil 1 sendok makan kunyit kasturi dan campur dengan 1 sendok makan air atau minyak kelapa sampai membentuk pasta. Oleskan pasta ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas. 

5. Scrub minyak kelapa dan gula 

Meski komedo di dagu dan sekitar mulut sering muncul, komedo juga bisa timbul di tubuh kita. Pengelupasan kulit untuk menghilangkan sel kulit mati dapat membantunya. Dokter kulit Whitney Bowe, MD merekomendasikan untuk mencampur minyak kelapa dan gula untuk membuat lulur sendiri.

 

 

6. Pore strip dari madu

Strip pori adalah penghilang komedo paling populer yang ternyata bisa kita buat sendiri menggunakan susu dan madu. Susu memiliki asam laktat, yang membantu mengangkat sel kulit mati dan minyak, sedangkan madu bersifat antibakteri, kata Dr. Dane.

Caranya campurkan satu sendok makan susu murni dengan satu sendok makan madu mentah organik dan microwave selama sekitar 10 detik. Setelah memastikan campurannya cukup dingin, Dr. Dane merekomendasikan untuk mengaplikasikannya ke area wajah Anda yang memiliki komedo dan kemudian menempatkan strip kapas bersih di atasnya. Setelah itu diamkan selama sekitar 15 menit, lepaskan kapas dengan lembut, bilas dan lembapkan wajah.

 

 

7. Teh hijau

Dr. Dane mengatakan teh hijau dapat membantu menurunkan produksi minyak kulit dan bekerja sebagai antioksidan yang hebat. Campurkan satu sendok teh daun teh hijau kering dengan satu sendok teh air dan pijatkan ke area yang terkena selama tiga menit.

Setelah itu, bilas dan oleskan pelembab. Perawatan ini bisa dilakukan dua atau tiga hari dalam seminggu.

8. Masker putih telur

Menggunakan masker wajah alami untuk komedo merupakan cara mudah untuk mengurangi komedo. Metode Dr. Bowe hanya menggunakan putih telur dan tisu.

Pertama, kocok satu putih telur dan oleskan ke kulit wajah yang sudah dibersihkan. Kemudian lapisi tisu di wajah dan oleskan putih telur lagi. Biarkan masker mengering selama sekitar 20 menit, lalu lepaskan saja. Ini adalah masker wajah terbaik untuk kulit berjerawat.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Loading
Artikel Selanjutnya
Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Jerawat, Komedo, dan Bruntusan
Artikel Selanjutnya
8 Cara Efektif Menghilangkan Komedo yang Membandel di Dagu