Sukses

Beauty

4 Manfaat Tersembunyi dari Minyak Pohon Teh bagi Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Mungkin, selama ini, kamu hanya menganggap bahwa daun teh, tanaman yang tumbuh subur di dataran tinggi cuma dikonsumsi sebagai minuman penghangat tubuh di kala udara dingin menerpa. Lebih dari itu, mungkin kamu mengatahui manfaat yang didapat ketika kamu mengonsumsinya, terutama bagi kesehatan tubuh.

Tahukah kamu? Jika teh juga punya manfaat lain bagi kecantikan? Eits! Tapi bukan berasal dari pohon teh yang biasa kita temui di perkebunan teh di Puncak, Bogor, ya.. Melainkan dari tanaman Melaleuca Alternifolia yang tumbuh subur di Australia. Kemudian, eksrak dari pohon tersebut terciptalah minyak yang dinamakan minyak pohon teh. Mungkin, kamu sendiri pernah menemui produsen kosmetik yang menawarkan produk dengan unsur minyak pohon teh. Lantas, apa sih manfaat yang bisa diberikan oleh minyak pohon teh? Yuk, baca empat poin di bawah ini.

Meringankan jerawat. Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang umum. Maka, tak heran jika industri kosmetik mengintegrasikan minyak pohon teh pada masker untuk kulit kombinasi berminyak. Minyak pohon teh atau tea tree oil membuka dan membersihkan pori-pori untuk menstabilkan keseimbangan alami kulit, serta melawan jerawat.

Beda Letak Jerawat, Beda Juga Penyebabnya | via: feeling-fab.com

Obat kumur alami. Pencampuran beberapa tetes minyak pohon teh dengan air bisa menjadi obat kumur. Minyak pohon teh mengandung zat antiseptik dan anti-jamur yang dapat membantu menyegarkan napas dan membuatmu bisa tersenyum sepanjang hari. :)

Obat kumur alami. (Via: mirror.co.uk)

Membasmi kutu. Nggak cuma buat kulit dan obat kumur, minyak pohon teh juga bisa dijadikan bahan pembasmi kutu rambut, lho! Tuangkan beberapa tetes minyak pada kulit kepala, pijat dengan lembut, lalu cuci rambut dengan sampo. Setelah itu, sisir rambut seperti biasa. Dengan cara ini, kamu bisa membunuh kutu secara alami tanpa merusak rambut. Oiya, bukan cuma kutu rambut pada manusia, tea tree oil juga bisa digunakan untuk kutu pada hewan, lho!

Pembasmi kutu. (Via: diyliceexpert.com)

Mengatasi jamur kulit, kapalan, dan kutil. Minyak ajaib ini sangat efektif dalam memerangi berbagai infeksi bakteri.Tetesi 2-4 tetes minyak di daerah yang terkena penyakit kulit seperti jamur cincin, kapalan, atau kutil. Lakukan pengobatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Pada umumnya, minyak pohon teh ini relatif cepat dalam mengobati penyakit kulit.

Menyembuhkan penyakit kulit. (Via: healthline.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading