Sukses

Beauty

ASK THE EXPERT: Mengecilkan Perut, Kenapa Susah Sekali?

Next

Katie Holmes

Tanya:

“Mengecilkan perut jadi kesulitan tersendiri untuk saya. Sebenarnya apa yang membedakan lemak di perut dengan bagian tubuh berlemak lainnya?”

Fitri, 30 tahun, karyawan swasta

Jawab:

Perut buncit yang mengganggu penampilan disebabkan oleh selulit yang terkumpul di bagian perut bawah. Selulit sendiri adalah jaringan lemak dan air yang terperangkap di bawah permukaan kulit. Sebetulnya, selulit bukan hanya ada di bagian perut, tapi biasanya juga terletak di lengan atas, paha,dan bokong. Kumpulan lemak di area-area itu pun sulit untuk dihilangkan.

Lemak di perut ada dua macam, yaitu lemak selulit yang ada di bawah permukaan kulit, serta lemak viseral yang ada di dalam rongga perut dan organ dalam perut. Kalau seseorang malas bergerak dan berolahraga, ditambah dengan pola makan tidak sehat, terbentuklah lemak-lemak pada perut yang mengganggu penampilan ini.

Next

sit up

Pertanyaan kenapa perut menantang sekali untuk dikecilkan, disebabkan oleh luas jaringan jaringan lemaknya. Di bagian tubuh lain seperti lengan, paha, dan bokong juga ada lemak tubuh, tapi luas jaringan lemaknya tidak seluas yang ada di bagian perut. Belum lagi, kaki dan lengan masih sering digunakan, minimal untuk mengangkat barang ataupun berjalan kaki, sehingga otot-ototnya terus digerakkan dan lemak terpakai untuk aktivitas sehari-hari. Sementara, jenis aktivitas untuk mengencangkan otot-otot perut jarang dilakukan dalam kegiatan rutin, seperti sit up dan lain sebagainya.

Makanya, bentuk perut seseorang sangat tergantung dari pola makan dan bentuk aktifitas yang rutin dilakukan. Bila makanan dijaga, olahraga teratur, atau ditambah dengan perawatan pembentukan tubuh di bagian itu, lemak tidak akan terus menumpuk di perut. Sebaliknya, bila malas bergerak dan membiarkan makan apapun yang diinginkan, bukan hanya perut yang membesar , tapi bagian tubuh lain akan ikut menumpuk lemak dan alhasil membesar.

Hal-hal mengenai kegemukan dan lemak tubuh juga dipengaruhi oleh faktor genetik, usia, dan penyakit seperti misalnya pengidap penyakit diabetes. Tapi tetap saja, pola hidup sehat dengan menjaga makan, olahraga teratur, dan berisitirahat cukup, adalah kuncinya agar tubuh terjaga kesehatannya.

Apa olahraga yang baik untuk mengecilkan perut? Menurut Fajar, semua jenis olahraga bagus untuk menjaga kesehatan dan membentuk tubuh. Kuncinya hanya satu, yaitu rutin. Jogging atau berjalan cepat selama 30 menit setiap hari atau minimal tiga kali seminggu, sudah cukup dan akan memberikan hasil. Untuk lebih menekankan pada pembentukan perut, lakukan empat sampai lima set sit up, yang satu set-nya terdiri dari 10 kali sit up. Lakukan sit up setiap pagi dan malam hari, atau bila sangat sibuk boleh hanya dilakukan di salah satu waktu. Tidak harus repot, asal dilakukan rutin dan diseimbangkan dengan pola makan yang baik, perut akan mengecil sedikit demi sedikit, diikuti dengan keadaan tubuh yang terasa lebih sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading