Sukses

Beauty

4 cara praktis merawat kulit wajah agar sehat dan cantik

Fimela.com, Jakarta Beberapa tahun terakhir, gaya no makeup look kembali menjadi tren setelah Meghan Markle, Duchess of Sussex, memukau dunia dengan tampilan cantik natural pada acara royal wedding dengan Pangeran Harry, salah seorang anggota kerajaan Inggris. Penampilan menawan Sang Putri didukung oleh kecantikan kulit wajah yang perawatannya menjadi sebuah tantangan tersendiri di era modern ini.

Selain perawatan wajah, pemilihan makeup juga perlu mempertimbangkan keamanan berbagai kandungan di dalamnya. Salah satunya Savvy Minerals by Young Living menjadi sebuah alternatif pilihan makeup berbasis mineral murni kualitas tinggi.

Nah sahabat Fimela, dilansir dari Young Living berikut fakta menarik bagaimana cara perawatan kulit wajah agar tetap sehat dan cantik dengan menggunakan makeup.

1. Pemilihan produk makeup yang ramah pada kulit wajah

Rata-rata lebih dari 168 bahan kimia per hari menempel pada kulit wanita berdasarkan penelitian dokter Kiran Lohia yang dikutip Indiatimes. Penggunaan berbagai bahan kimia ini beresiko menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius di masa mendatang.

Untuk itu, pilihlah makeup alami dari bahan-bahan alami dan bebas dari bahan kimia berbahaya, termasuk wewangian filler, pengawet dan pewarna sintetis.

“Kami percaya bahwa wanita yang percaya diri dimulai dengan pemilihan produk makeup yang membuat mereka merasa nyaman. Bahan kaolin yang terdapat pada Young Living berperan menenangkan dan mengurangi minyak wajah, ekstrak aspen bark yang membantu melembutkan kulit, vitamin E yang berperan sebagai antioksidan dalam membantu menjaga dan menutrisi kulit, aloe vera yang membantu menutrisi, melembapka dan menjaga keindahan kulit, serta kebaikan essential oil murni,” ungkap Lysa Lenny, Training Manager Young Living Indonesia.

2. Pemilihan warna makeup yang tepat untuk tampilan cantik natural

Pemilihan warna yang benar adalah langkah penting dalam mendapatkan hasil makeup yang cantik dan tampak alami. Penggunaan foundation, bronzer, contouring , blush on, serta lipstik perlu untuk disesuaikan dengan undertone kulit pengguna. Selain itu, pencocokkan warna juga dapat disesuaikan dengan warna pembuluh darah, penggunaan warna perhiasan, ataupun warna pakaian yang akan dikenakan.

Berbagai foundation tersedia dari banyak warna yang seringkali membuat pengguna kesulitan dalam menentukan warna yang paling sesuai untuk tampil cantik natural. Dalam tiga jenis warna, yakni warm, cool, dan dark. Warna warm memiliki undertone kuning keemasan dan di bawah sinar matahari cenderung menggelap, namun tidak tampak seperti kulit yang terbakar. Warna cool memiliki undertone pink, sehingga saat berada di bawah sinar matahari cenderung tampak terbakar, namun tidak menggelap. Warna dark memiliki undertone netral, dan dikembangkan untuk jenis warna kulit gelap.

Tips mudah menentukan warna yang tepat adalah dengan mencoba sedikit foundation pada garis rahang. Jika warnanya ‘menghilang’ dan tampak alami di kulit, maka itulah warna foundation yang tepat!

3. Persiapkan kulit sebelum menggunakan makeup

Philip Kwok, seorang makeup artist mengungkapkan pada acara Beauty Workshop Savvy Minerals by Young LivingTM di The Luxton, Bandung, menurutnya perlu diingat bahwa perawatan kulit penting untuk diperhatikan sebelum menggunakan make up.

Dengan membersihkan, menyegarkan, dan melembapkan kulit, penggunaan makeup akan tahan lebih lama dengan pengaplikasian misting spray sebelum memutuskan untuk mengaplikasikan ke kulit wajah dengan berbagai produk makeup.

4. Perawatan maksimal demi proses regenerasi optimal

Penelitian mengungkapkan bahwa regenerasi sel kulit delapan kali lebih banyak terjadi saat malam hari, sehingga penting untuk selalu membersihkan make up setelah menggunakannya sebelum tidur. Seringkali pemakaian eyeliner perlu dibersihkan dengan pembersih muka khusus dengan usapan berulang kali agar wajah bersih maksimal.

"Makeup dibuat untuk mempertegas apa yang dimiliki, bukan menjadikanmu orang lain. Kami memahami berbagai tantangan di era modern ini. Sehingga, seiring dengan perkembangan kebutuhan make up yang mendukung kulit wajah agar tetap sehat dan cantik,” ungkap Dyah Ayu Mantili, Country Manager Young Living Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading