Sukses

Beauty

Minuman Bersoda Tingkatkan Risiko Diabetes

Vemale.com- Sering menikmati minuman bersoda? Sebaiknya Anda lebih waspada dan mengurangi asupannya. Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr Bjrn Richelsen dari Aarhus University Hospital di Denmark menemukan bahwa banyaknya konsumsi minuman bersoda akan membuat tumpukan lemak berlebih pada hati dan organ di sekitar perut.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa efek merugikan minuman manis lebih banyak dibandingkan kenaikan berat badan atau lemak ini. Karena ini berkaitan dengan penumpukan lemak di tempat yang salah," ujar Dr Frank Hu, seorang profesor dari Harvard School of Public Health.

Penelitian ini dilakukan pada 47 orang yang mengalami kelebihan berat badan. Mereka dibagi dalam beberapa kelompok dan diminta meminum air biasa, susu, soda diet, dan minuman soda. Mereka diminta minum teratur minuman tersebut setiap hari selama enam bukan.

Pada akhir penelitian ditemukan bahwa relawan yang meminum soda setiap hari memiliki lemak 25 persen lebih banyak di sekitar organ tubuh mereka, dan lemak tersebut lebih banyak dua kali lipat pada bagian hati dan otot. Kenaikan lemak tersebut terkait dengan sindrom metabolik, diabetes tipe 2, masalah kardiovaskular dan penyakit hati.

"Lemak ektopik atau lemak tidak sehat yang menutupi bagian organ dalam akan membuat organ tersebut tidak dapat berfungsi dengan normal," ujar Dr. Bjrn Richelsen. "Penelitian ini memberikan dukungan untuk mengurangi konsumsi gula dan minuman manis," lanjutnya.

Kurangi minuman bersoda, ganti dengan minuman lain seperti jus, smoothies atau air mineral.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    Loading