Sukses

Beauty

Bahan Kimia Yang Sebaiknya Dihindari Kulit Sensitif

Mereka yang memiliki kulit jenis sensitif biasanya harus lebih sering melakukan trial dan error ketika membeli produk skin care atau kosmetik. Pasalnya, tidak semua bahan kimia cocok digunakan kulit sensitif. Kalau tidak tahan, akan menimbulkan reaksi alergi hingga iritasi.

Nah, Dr, Vermen Verallo, seperti dikutip dari Yahoo Shine menjelaskan beberapa jenis bahan kimia yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit sensitif. Dan sebaiknya memang Anda menghindari produk-produk berbahan ini.

Wewangian

Bahan parfum atau wewangian seringkali menimbulkan reaksi alergi atau iritasi terutama ada kulit berjenis sensitif. Untuk itu cari skincare atau kosmetik yang lebih baik tidak mengandung parfum.

Pengawet

Beberapa jenis bahan pengawet dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Misalnya saja bahan methylisothiazolinone. Semakin tinggi kandungannya, semakin besar resiko alergi dan iritasinya.

Pewarna

Sebagian besar kosmetik tentunya mengandung pewarna. Eyeshadow, lipstick, maskara, eyeliner, dan lain sebagainya tentu mengandung pewarna. Ada jenis pewarna yang dapat menyebabkan alergi. Biasanya terdapat pada jenis kosmetik yang belum benar-benar teruji oleh BPOM atau yang harganya murah dan mengejar untung belaka.

Phtalates

Sebuah penelitian dilakukan di New York, dan menunjukkan bahwa kosmetik atau skincare yang mengandung Phtalates sebaiknya tidak digunakan mereka yang punya problem kulit, terutama kulit sensitif. Disebutkan bahwa Phtalates dapat menyebabkan demam, bruntusan, alergi, asma, dan iritasi kulit.

Comedogens

Bahan comedogenic biasanya ditemukan pada makeup, tabir surya serta produk skincare lainnya. Di satu sisi bahan ini bisa mengatasi problem kulit, namun di sisi lain ia dapat menyebabkan kulit berkomedo dan berjerawat.

Bahan yang termasuk comedogenic misalnya asetat Lanolin Alkohol , Ethylhexyl palmitate , Sodium Laureth Sulfate, dan Kalium Klorida.

Amioda - Amine Surfaktan

Sebagian deterjen atau sabun cuci ternyata diketahui mengandung natrium lauril sulfat. Bahan ini menyebabkan iritasi pada kulit dan kemerahan setelah menggunakannya.

Nama lain dari bahan ini adalah Cocamidopropylbetaine, Dimethylaminopropylamine, Oleamidopropyldimethylamine, dan Stearamidopropyl Dimethylamine.

Agar terhindar dari reaksi alergi dan iritasi, lebih baik baca terlebih dahulu keterangan produk yang akan Anda beli. Memang sepertinya sepele, tetapi alangkah baiknya membaca dan mencari tahu produk mana yang memang cocok untuk digunakan kulitmu.

 (vem/bee)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan DKI Jakarta menutup 7 sekolah PTM 100 Persen
Artikel Selanjutnya
6 Manfaat Masker Charcoal Untuk Kesehatan Kulit