Sukses

Beauty

5 Zat Gizi Ini Kurang Populer Tetapi Penting Bagi Kesehatan Anda

Zat gizi adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan dapat bekerja dengan optimal. Beberapa jenis zat gizi mungkin sudah sering Anda dengar, misalnya lemak, vitamin dan kalsium. Namun, ada beberapa zat gizi yang kurang populer meskipun memiliki fungsi yang juga penting bagi tubuh.

Berikut 5 jenis zat gizi yang mungkin jarang Anda dengar dengan fungsinya masing-masing, seperti dilansir womenshealthmag.com:

1. Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang berperan dalam pembentukan energi, relaksasi otot, kekuatan tulang, dan 300 reaksi enzim yang terjadi dalam tubuh. Seorang wanita yang berusia di bawah 30 tahun membutuhkan 32o mg magnesium setiap harinya. Magnesium banyak terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang tanah dan gandum.

2. Kolin

Kolin berperan penting dalam fungsi sel dalam tubuh. Mineral yang termasuk baru ditemukan ini juga bekerja sama dengan asam folat (vitamin B9) dalam pembentukan janin. Seorang wanita dewasa membutuhkan 435 mg kolin setiap harinya. Kebutuhannya meningkat pada ibu hamil dan menyusui hingga 450 mg per hari.

3. Kobalamin

Kobalamin bekerja dengan asam folat dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin ini juga mendukung fungsi kognitif atau kecerdasan, pertumbuhan sel, dan pembentukan beberapa asam amino dalam tubuh. Setiap harinya seorang manusia dewasa membutuhkan 2,4 mikrogram kobalamin. Pada ibu hamil kebutuhannya meningkat hingga 2,6 mikrogram dan pada ibu menyusui kebutuhannya mencapai 2,8 mikrogram per hari. Kobalamin banyak terkandung dalam makanan hewani seperti, daging, telur, dan ikan. Jika Anda seorang vegetarian, Anda sebaiknya mengonsumsi suplemen vitamin B12 ini.

4. Selenium

Selenium merupakan anti-oksidan yang bekerja sama dengan vitamin E untuk mencegah kerusakan sel dan infeksi. Selenium dibutuhkan sekitar 50 mg per harinya. Kebutuhannya meningkat menjadi 70 mg pada ibu menyusui. Selenium banyak terkandung dalam hewan laut, hati, ayam, dan daging lainnya.

5. Vitamin K

Vitamin K berperan dalam sistem pembekuan darah dan metabolisme kalsium dalam tubuh. Seorang wanita membutuhkan 90 mg vitamin K setiap harinya yang dapat diperoleh dari sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.

 

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading