Sukses

Beauty

Makanan Ini Bisa Merusak Gigi Anda

Aneka minuman atau makanan berkalori tinggi menjadi kontributor utama penyebab gigi rusak dan berlubang. Bakteri yang kemudian tinggal di dalam rongga mulut menghasilkan asam yang setahap demi setahap mengikis enamel gigi.

Sayangnya tak hanya makanan berkalori tinggi yang patut diwaspadai, dilansir Womenshealthmag, beberapa makanan sehat ini juga menjadi pemicu kerusakan pada gigi.

Buah jeruk

Vitamin C dalam buah jeruk sangat penting untuk menjaga kesehatan kolagen pada gusi. Namun bila jumlahnya berlebihan, maka akan membuat gusi justru bengkak. Hal ini disebabkan karena asam dalam jeruk mengikis email dan tingkat erosifnya sama seperti minuman bersoda.

Untuk itu, disarankan minum air putih dalam jumlah banyak setelah mengonsumsi jeruk.

Kacang almond

Kacang jenis ini tinggi vitamin E dan kaya akan lemak sehat. Sayangnya, mereka diciptakan mengandung formula yang dapat membuat gigi rapuh karena almond cukup keras teksturnya.

Acar

Segala sesuatu makanan yang diacar sebenarnya rendah kalorinya, namun kandungan asamnya cukup tinggi akibat ada cuka di dalamnya. Kandungan asam ini dapat mengurangi mineralisasi gigi.

Buah kering

Buah-buahan yang dikeringkan memang menyenangkan untuk dikonsumsi karena rasanya unik. Namun buah kering ini semua kandungan airnya sudah tersedot keluar, sehingga konsentrasi gulanya cukup pekat dan mudah menempel pada gigi.

Kopi

Walaupun sarat akan antioksidan, namun kopi juga punya warna pekat yang bisa menempel serta meninggalkan plak pada gigi. Warna gigi menjadi berubah dan sulit sekali dihilangkan dengan pasta gigi saja.

Selai kacang

Rasanya tak cukup hanya sesendok, namun selai kacang dapat menyebabkan gigi berongga akibat kandungan tambahan gulanya.

Segala sesuatu makanan umumnya punya kelebihannya sendiri. Namun, pastikan bahwa jumlahnya tidak berlebih ya.


 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading