Sukses

Beauty

Sering Merasa Depresi? Bisa Jadi Itu Karena Anda Mengabaikan 5 Hal Ini

Duh, hidup kok rasanya stres melulu sih? Apakah sudah tidak ada kebahagiaan lagi dalam hidupku? Ladies, semua orang pernah merasa depresi atau tertekan. Hanya saja jika Anda merasa bahwa Anda mudah sekali merasa depresi, hmmm... Anda harus memperhatikan akar masalahnya.

Ketika Anda merasa bahwa Anda sering merasa stres dan depresi, itu bisa jadi pertanda bahwa Anda telah mengabaikan sejumlah hal. Dilansir dari mindbodygreen.com, ada setidaknya 5 hal yang bisa menjadi penyebab utama atau akar dari depresi yang Anda alami saat ini. Tak heran jika ada banyak orang yang mudah sekali depresi karena mereka sudah mengabaikan lima hal ini.

Hubungan Sosial
Mengisolasi diri akan membuat Anda sering merasa tertekan atau depresi. Hubungan sosial terbukti menjadi salah satu cara paling ampuh untuk mencegah dan menyembuhkan depresi. Ketika Anda sudah terlalu lama mengabaikan hubungan sosial atau sekadar bertemu dengan orang-orang banyak, risiko Anda untuk terkena depresi akan semakin meningkat. Saat Anda merasa bahwa Anda mulai merasa tertekan, cobalah untuk menghubungi seorang sahabat dan luangkan waktu untuk mengobrol bersama.

Kualitas Tidur
Pernah merasa bahwa Anda bisa sangat sensitif dan mudah marah ketika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup? Rasa lelah sangat mempengaruhi suasana hati dan fungsi kognitif Anda. Yang lebih parah lagi, depresi itu bisa membuat kualitas tidur jadi memburuk. Jadi kualitas tidur yang buruk dan depresi itu seperti lingkaran setan. Salah satu solusinya adalah cobalah untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan buatlah jadwal yang pasti kapan Anda harus tidur dan bangun. Jika Anda sulit tidur, carilah kegiatan yang bisa menenangkan pikiran Anda seperti membaca buku atau sekadar mandi berendam dengan air hangat.

Olahraga
Olahraga memiliki kaitan yang sangat erat dengan tingkat depresi yang dialami seseorang. Tak perlu membayangkan diri Anda harus pergi ke tempat fitnes atau bergabung dengan atlet profesional untuk bisa olahraga. Luangkan saja waktu setidaknya 20 menit sehari untuk sekadar jalan-jalan santai atau melakukan yoga.

Waktu Bermain
Siapa bilang orang dewasa tidak boleh bermain? Justru terlalu sibuk bekerja dan tidak mengistirahatkan pikiran sama sekali itulah yang justru bisa membuat Anda mudah depresi. Carilah kegiatan yang bisa membuat Anda merasa santai dan tidak tertekan. Bekerja terus-terusan sepanjang hari mungkin terlihat baik karena Anda bisa memanfaatkan waktu produktif Anda dengan maksimal. Tapi, berilah hak tubuh dan pikiran Anda untuk bersantai. Hadirkan jiwa kanak-kanak dalam hidup Anda agar Anda bisa menjalani hidup dengan lebih positif lagi.

Makna Hidup
Setiap manusia memerlukan makna atau setidaknya tujuan dalam hidup agar bisa bahagia. Menurut Viktor Frankl, kita bisa menemukan makna hidup ini melalui pekerjaan, hubungan antar manusia, kegiatan belajar, hobi, spiritualitas, dan sebagainya. Rasa depresi itu kerap hadir dan muncul saat Anda merasa bahwa Anda sudah tak lagi memiliki makna hidup dalam diri Anda. Kehilangan tujuan atau makna hidup bisa membuat Anda merasa tersesat. Cobalah temukan kembali nilai, impian, harapan, dan cita-cita dari dalam diri Anda. Setidaknya dengan memiliki sebuah pegangan, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan saat Anda mulai merasa depresi atau mengalami sesuatu yang buruk.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading