Sukses

Beauty

Ini Dia 3 Dampak Bahaya Terlalu Lama Sendirian

Sebagai manusia, Anda pasti sudah tahu konsep manusia dalam ilmu sosial, kan? Yaitu manusia adalah makhluk sosial. Hal ini menunjukkan bahwa manusia tidak bisa hidup sendirian dan akan selalu membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Hal ini ada benarnya, karena ketika Anda terlalu lama berada di suatu tempat hanya dengan diri Anda sendiri, akan tidak baik untuk kesehatan mental Anda.

Bahkan sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Psychological Science, dikutip dalam news.health.com, menemukan bahwa orang-orang yang cukup lama menghabiskan waktu sendirian, kesepian atau tidak bersosialisasi, akan merasa melihat wajah boneka sebagai wajah manusia. Lebih jauh lagi, orang-orang yang kesepian ternyata memiliki lebih banyak masalah kesehatan fisik dan mental daripada mereka yang terhubung dengan orang lain setiap harinya.

Bahayanya minimal ada tiga, antara lain adalah

    Anda akan lebih sering merasa sedih dan stres

    Bahkan menurut penelitian dari University of Chicago, semakin sering Anda merasa kesepian, semakin besar kemungkinan Anda mengalami rasa sedih dan berujung depresi. Saat Anda kesepian, hormon otak yang berhubungan dengan stres seperti kortisol menjadi aktif, yang dapat menyebabkan depresi. Yang mengejutkan, ternyata interaksi dengan banyak orang ternyata bisa lebih efektif mengurangi gejala depresi daripada obat antidepresan.

    Anda cenderung malas mengurus diri sendiri

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung bisa meningkat jika Anda hidup sendirian dalam usia paruh baya, dan risiko akan meningkat jika Anda tidak pernah menjalin interaksi dengan orang di sekitar Anda hingga Anda merasa kesepian sendiri. Hal ini dikarenakan Anda tidak memiliki teman untuk berbagi dan mendapat dukungan sosial dari sekitar Anda.

    Anda memiliki kekebalan tubuh yang lemah

    Lucunya, meskipun Anda makan banyak makanan bernutrisi dan vitamin C, namun jika Anda tidak mengimbanginya dengan bersosialisasi dengan orang di sekitar Anda, Anda mungkin sekali memiliki sistem imun yang lemah. Ini karena tubuh tidak mengeluarkan hormon endorfin atau dopamin sehingga Anda tidak bahagia. Hal inilah yang melemahkan tubuh Anda dari serangan penyakit.

Jadi, jangan menyendiri saja, karena kesepian bisa memberikan dampak lebih buruk untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading