Sukses

Beauty

Kamu Suka Baca Buku Sebelum Tidur? Ini 4 Manfaatnya

Akui saja, masih belum banyak orang yang suka membaca buku, apalagi sebelum tidur, benar kan? Tapi jika kamu salah satu yang suka sekali dengan buku dan punya kebiasaan baca buku dulu sebelum tidur, mungkin kamu akan bahagia membaca artikel yang satu ini, karena membaca buku sebelum tidur punya banyak manfaat. Ini daftarnya.

    Mengatasi insomnia

    Membaca sebelum tidur justru bisa merileks-kan pikiran dan membantu membuat kamu mengantuk dengan cepat. Berbeda dengan menonton tv sebelum tidur, yang justru memberi efek sebaliknya. Membaca buku membantu menenangkan sistem syaraf, karena menghindarkan diri dari stimulus suara.

    Pelepas stres

    Ketika kamu sudah berada di lingkungan yang penuh suara dan berisik setiap harinya, malam jadi waktu tepat keluar dari kebisingan. Sebuah penelitian tahun 2009 di University of Sussex membuktikan bahwa 6 menit membaca buku bisa menurunkan stres hingga 68%, lebih baik dari mendengarkan musik dan minum teh. Saat membaca buku dalam keadaan tenang, otak akan merangsang hormon anti-depresi yang akan membuat kamu santai.

    Meningkatkan fungsi otak

    Membaca buku akan membuat otak kamu lebih aktif. Membuat kamu makin fokus, memahami bahasa, meningkatkan cara berpikir, mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Bahkan bisa membantu kamu mengerti tentang ejaan bahasa yang benar.

    Menghambat pikun

    Membaca buku akan membuat orang lanjut usia lebih lambat mengalami penurunan fungsi otak. Membantu meningkatkan ingatan dan daya ingat terhadap sesuatu.

Jadi, jangan peduli meskipun dibilang kutu buku, cupu atau semacamnya. Baca buku ternyata bukan hanya membuat kamu cerdas dan berpengetahuan luas, tapi juga membuat kamu makin sehat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading