Sukses

Beauty

Kerja di Depan Monitor Bikin Stres, Ini 5 Tips Penyelamatmu

Berjam-jam menghabiskan waktu bekerja di depan monitor laptop atau komputer bisa bikin tubuh pegal-pegal. Selain itu, karena kurang gerak, tubuh bisa terasa kaku dan nyeri otot. Belum lagi dengan risiko gangguan kesehatan lainnya seperti sakit mata dan sakit kepala.

Nah, supaya kerja di depan monitor tidak bikin capek atau mengganggu kesehatan, ini lima tips yang bisa kamu lakukan. Let's check this out!

    Istirahatkan Mata 5 Menit Setiap Jam

    Bekerja berjam-jam di depan komputer bikin mata lelah. Selain itu, mata bisa terasa kering dan sakit kalau digunakan untuk menatap monitor laptop/komputer berjam-jam tanpa jeda. Usahakan untuk mengistirahatkan mata 5 menit setiap jamnya. Misal, pejamkan mata selama 5 menit setiap satu jam sekali. Cara ini bisa mencegah otot mata kaku.

    Berdiri dan Lakukan Peregangan Tubuh

    Setengah atau satu jam sekali, berdirilah lalu lakukan gerakan peregangan tubuh. Gerakkan tangan dan kaki serta lemaskan otot-otot tubuhmu. Ini semua demi kesehatan tubuhmu dan memperlancar aliran darah dalam tubuh.

    Minum Air Putih

    Duduk berjam-jam di depan komputer tanpa banyak gerak bukan berarti tubuhmu tak membutuhkan air. Air sangat penting untuk menjaga kesehatan hati dan memastikan tubuh bisa mengeluarkan racun-racun berbahaya. Minimal konsumsi 8-10 gelas air per hari sesibuk apapun bekerja di depan monitor.

    Konsumsi Camilan Sehat

    Oke, ini sebenarnya yang paling susah untuk dihindari. Duduk manis bekerja di depan komputer, biasanya mulut terasa "gatal" ingin makan sesuatu. Akhirnya bekerja pun sambil ngemil, dan kalau tidak dikendalikan bisa-bisa berat badan naik. Untuk menyiasatinya, konsumsi camilan sehat seperti buah dan sayur segar. Hindari terlalu banyak makan makanan berminyak atau mengandung gula. Selain itu, usahakan kalau makan di meja makan jangan di meja kerja agar nafsu makanmu tetap terjaga.

    Istirahatkan Tubuh Total Usai Bekerja

    Setelah selesai bekerja dan kembali ke rumah, ambil waktu minimal 15 menit untuk berbaring dan menutup mata. Istirahatkan tubuh secara total dan tenangkan pikiran. Bekerja di depan komputer berjam-jam bisa membuat tubuh gampang lelah. Jadi usahakan untuk meluangkan waktu berisitirahat total dan menjauhi komputer selama beberapa menit setiap harinya, ya.

Sekarang, yang perlu kamu lakukan adalah mempraktekan tips-tips di atas. Jadikan bagian dari rutinitas dan kebiasaan harianmu. Kerja keras sah-sah saja. Tapi jangan sampai mengabaikan kesehatan tubuh dan pikiranmu, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading