Sukses

Parenting

Bunda, Inilah 4 Tips Cerdas Agar Anak Tidak Jajan Sembarangan

Dalam memilih jajanan yang disukai anak-anak, sebagai orang tua harus pandai-pandai memilih makanan yang sehat dan bernutrisi untuk tumbuh kembang anak. Orang tua sangat perlu mengajarkan dan mengajak anak untuk terbiasa mengonsumsi makanan yang sehat. Seperti yang kita tahu, di luar sana ada banyak penjual jajan untuk anak yang mungkin saja tidak memperhatikan dampak buruk jajan tersebut ke anak.

Dan anak-anak pun rupanya juga sangat suka jajan di luar sana yang bahkan sangat tidak baik untuk kesehatannya tersebut. Asal rasanya enak dan warnanya menarik, anak-anak akan cenderung menyukai jajan tersebut. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mengajak anak jajan dengan bijak dan tak sembarangan dalam memilih jajan. Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mencegah anak, jajan sembarang di sekolah ataupun di manapun ia berada. Lantas, bagaimana tips agar anak tidak jajan sembarangan di luar rumah? Dari nasehat sahabat serta orang terdekat dan pengalaman, inilah beberapa tips agar anak tidak jajan sembarangan.

    Biasakan Sarapan Untuk Buah Hati

    Bunda, sarapan adalah salah atau aktivitas yang sangat penting untuk anak. Jadi, pastikan untuk mengajak anak sarapan. Karena sarapan bisa membuat anak kenyang, sarapan ini bisa mencegah anak jajan sembarangan. Untuk menu sarapan sehari-hari agar anak tidak bosan, pastikan untuk mengganti menu sarapannya setiap pagi.

    Ajak Anak Bawa Bekal Ketika Pergi ke Sekolah

    Membawa bekal adalah cara cerdas selanjutnya agar anak tidak jajan sembarangan di sekolah. Dengan membawa bekal, anak-anak bisa makan bekal di sekolah. Selain mencegah anak jajan sembarangan, membawa bekal juga mengajarkan anak untuk lebih hemat. Uang saku anak bahkan bisa ditabung dan dibelikan mainan atau apapun yang ia suka.

    Buat Makanan Ringan Sendiri di Rumah

    Bagi bunda yang ingin anak tak jajan sembarangan di luar. Usahakan untuk membuatkan makanan ringan untuk anak di rumah. Dengan membuat makanan ringan sendiri, tentu hal ini akan lebih sehat. Tapi ingat, makanan yang dibuat di rumah haruslah bervariasi ya. Hal ini agar anak tidak bosan. Bunda juga perlu meminta pendapat anak ia ingin dibuatkan makanan ringan apa. Sesekali, bunda juga perlu mengajaknya memasak bersama.

    Berikan Contoh Untuk Tidak Jajan Sembarangan

    Jika ingin anak tidak jajan sembarangan, orang tua sangat perlu untuk memberikan contoh yang baik di mana orang tua juga tidak boleh jajan sembarangan. Ketika orang tua telah memberikan contoh yang baik, anak pun akan ikut baik dan tak jajan sembarangan. Ajak semua anggota keluarga di rumah konsisten untuk tidak jajan sembarangan. Cobalah untuk tidak memanggil penjual makanan atau jajanan yang lewat di depan rumah baik itu kakek, nenek, kakak, paman atau siapapun itu.

Selain memberi contoh yang baik, orang tua juga perlu menasehati anak dengan baik, sabar dan dengan bahasa yang mudah dimengerti anak. Jika anak melihat temannya jajan sembarangan dan pingin jajan pula, cobalah untuk mengalihkan perhatian anak atau mengajaknya jajan ke tempat yang menarik dimana tempat tersebut menyediakan makanan sehat untuknya.

Memang, mengajarkan hal ini akan cukup sulit untuk dilakukan. Namun, ketika orang tua telaten dan sabar serta menerapkan kebiasaan ini secara terus-menerus, anak pun akan patuh dan bisa terhindar dari kebiasaan jajan sembarangan. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Keasikan Main Facebook, Ibu Kehilangan Buah Hati Karena Tenggelam
Artikel Selanjutnya
Ayah Pintar Menguncir Rambutku dan Kini Ia Membuat Kursus Unik