Sukses

Beauty

5 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan

Siapa yang tak kenal yoga? Olahraga meditasi yang belakangan sangat terkenal dan banyak diminati baik laki-laki maupun perempuan dari berbagai kalangan usia ini disukai tidak hanya karena gerakannya yang bisa membantu memberikan kita ketenangan, tetapi juga karena beragam manfaatnya bagi tubuh.

Yoga merupakan olahraga meditasi asli India yang melibatkan pikiran dan tubuh. Gerakan-gerakan yoga ditujukan untuk mencapai peningkatan kesehatan dan relaksasi. Dalam berbagai penelitian yang telah dilakukan, beberapa gerakan yoga ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Seperti disebutkan dalam laman dailyburn.com, berikut ini adalah 5 manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari melakukan gerakan-gerakan yoga. Yuk, simak!

    Mengatasi Masalah Pencernaan

    Pose asana, pose membungkuk ke depan di mana kita harus menyentuh kaki tanpa harus menekuk lutut dan membawanya ke depan sampai batas telapak tangan berada di bawah kaki, dipercaya dapat membantu Anda mengatasi masalah pada organ pencernaan seperti lambung. Selain itu, gerakan ini juga dapat membantu melemaskan otot-otot perut.

    Mengatasi Asma

    Pranayama atau latihan pernafasan dalam olahraga yoga telah terbukti dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Oleh sebab itu, latihan ini sangat baik dilakukan oleh penderita asma dan bronkitis.

    Mengatasi Osteoarthritis

    Gerakan-gerakan yoga dipercaya mampu mengontrol nyeri muskuloskeletal, terutama osteoarthritis. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian dengan subjek penderita osteoarthritis tangan. Setelah melakukan gerakan-gerakan yoga secara teratur selama kurun waktu tertentu, ditemukan bahwa latihan yoga ini sangat efektif dalam membantu masalah osteoarthritis, terutama pada tangan.

    Sebagai Langkah Detoksifikasi

    Gerakan-gerakan dalam yoga memastikan peregangan otot dan sendi menjadi lembut, dengan berbagai latihan komprehensif pada organ internal, yang pada akhirnya akan meningkatkan suplai darah menjadi optimal. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada proses pengeluaran racun dalam tubuh serta membantu menutrisi setiap sel dalam tubuh.

    Membuat Tidur Lebih Nyenyak

    Pose savasana, pose berbaring dengan kaki yang sedikit dibuka dan lengan di rentangkan di kedua sisi lalu telapak tangan diletakkan di atas pusar lalu mengambil dan mengeluarkan nafas secara teratur, menurut sebuah penelitian di Harvard terbukti dapat membantu meningkatkan kualitas tidur para penderita insomnia setelah dilakukan selama 8 minggu secara berturut dan teratur. Hal ini disebabkan karena melalui pose ini, kita berlatih pernafasan yang bisa membantu kita untuk merelaksasi segala ketegangan yang bisa menjadi penyebab susah tidur.

Nah, itulah beberapa manfaat dari melakukan yoga. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menikmati berbagai manfaat kesehatan ini, yuk segera lakukan yoga!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading