Sukses

Beauty

Punya Masalah Dengan Tekanan Darah Tinggi? Ini Cara Mudah Menurunkannya

Bicara tentang tekanan darah tinggi, ternyata hampir semua kasus darah tinggi (sekitar 90-95%) tidak diketahui penyebabnya dan terjadi karena turun temurun? Sama, saya juga baru tahu. Dan lagi, sekitar 33% pria dan 25% wanita dengan usia 45-54 cenderung memiliki tekanan darah tinggi lho, seperti kata Goodhousekeeping.co.uk. Jadi, kita tidak bisa menilai seseorang memiliki tekanan darah tinggi hanya dari tingkat emosinya saja ya, hehe.

Lalu apa bahayanya? Bahayanya besar sekali, Ladies. Jika tidak segera dideteksi dan ditangani, tekanan darah tinggi dapat mengarah pada penyakit lain yang lebih serius, seperti stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal. Seram ya? 

Sebenarnya, baik penderita tekanan darah tinggi maupun orang dengan tekanan darah normal, wajib hukumnya untuk memperhatikan tekanan darahnya. Paling tidak kita tahu bagaimana cara untuk menjaga agar tekanan darah tetap pada posisi yang seharusnya.

    Berat Badan

    Cara pertama adalah dengan menjaga berat badan tetap pada ukuran normal orang dewasa. Sesuai dengan BMI, berat badan ideal orang dewasa adalah 20 - 25 kg/m² (cara menghitung BMI = (berat badan dalam kg / tinggi badan kuadrat dalam meter).

    Diet

    Seperti yang sudah kita tahu, garam dapat memicu naiknya tekanan darah. Batasi konsumsi garam kurang dari 6 gram per hari. Namun kamu juga harus tetap membatasi konsumsi gula. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi gula dan sayur agar stamina tetap terjaga.

    Olahraga

    Olahraga tidak perlu berat, Ladies. Kamu bisa coba berjalan cepat atau berlari sekitar 30 menit per hari, dan lakukan 3 - 4 kali dalam seminggu.

Simpel kan? Dengan catatan kamu juga harus membatasi konsumsi makanan pemicu naiknya tekanan darah ya.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading