Sukses

Beauty

4 Cara Cerdas Agar Tetap Berselera Selama Perawatan Kanker

Seperti yang kita tahu, kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa membuat seseorang dengan mudah kehilangan nyawa. Meski begitu, tidak sedikit orang yang berhasil melewati masa kritis karena kanker setelah menjalani pengobatan dan perawatan yang tak mudah. Yap, selama menjalani perawatan ketika menderita kanker, hal ini tentu bukan perkara mudah. Sewaktu-waktu, tubuh bisa ambruk, semakin lemah dan selera makan pun akan berkurang. Tak hanya itu saja, selama perawatan kanker, tubuh juga akan kehilangan banyak tenang dan terasa sangat tidak nyaman.

Meski perawatan kanker sangat tidak nyaman dan membuat tidak berselera, mengonsumsi berbagai makanan sehat tentu harus tetap dilakukan. Apapun dan bagaimanapun kondisinya, penderita kanker tetap harus berselera dan semangat. Dikutip dari berbagai sumber dan cerita dari beberapa sahabat yang kebetulan memiliki saudara penderita kanker, setidaknya ada beberapa cara cerdas agar penderita kanker tetap berselera selama menjalani perawatan. Apa saja cara cerdas tersebut? Berikut ulasannya.

(vem/mim)

Ketika Penderita Kanker Tak Selera Makan

Saat penderita kanker tak selera makan beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan tetap makan saat perut merasa lapar. Tak perlu banyak-banyak untuk makan. Makanlah secukupnya saja. Biasakan untuk tetap makan meski hanya dengan porsi kecil. Buat jadwal dan makanlah pada jam yang sama setiap hari. Dengan makan secara teratur dan terjadwal inilah, penderita kanker bisa terbiasa dengan makan walau sedang tak berselera makan.

Selain itu, makanlah makanan yang memiliki rasa enak dan nyaman di lidah. Biasakan pula untuk ngemil sebelum makan. Camilan yang bisa dimakan antara lain adalah telur rebus, tumis sayur, buah atau sekedar minum air gula yang berasa manis. Meski begitu tetap ingat, pilihlah makanan yang tak akan memperparah penyakit yang diderita.

Ketika Penderita Kanker Merasa Lelah

Selanjutnya, perasaan tak berselera sering kali disebabkan karena tubuh merasa lelah dan lemas. Jika merasakan lelah saat perawatan kanker, yakinkan diri sendiri bahwa lelah tersebut hanya sesaat. Kamu tak boleh kalah dengan perasaan lelah. Cobalah untuk selalu semangat. Agar tubuh tak terus menerus merasa lelah, penderita kanker perlu mengonsumsi makanan yang bisa menambah energi dalam tubuh.

Jika tidak suka makan nasi atau makanan berat lain, penderita kanker yang sedang menjalani perawatan bisa mengonsumsi makanan siap saji atau snack sehat. Selama menjalani perawatan kanker, pasien sangat disarankan untuk konsumsi makanan penambah energi dan tinggi kalori. AgarĀ  semakin berselera, penderita kanker bisa makan di taman, di kebun atau di tempat yang membuat perasaan bahagia. Selain meningkatkan selera makan, berada di tempat yang membuat bahagia bisa sekaligus mengatasi lelah dan lemas.

Ketika Penderita Kanker Merasa Mual dan Muntah

Biasanya, selama melakukan perawatan, penderita kanker akan mudah merasa mual dan muntah. Beberapa makanan yang dimakan juga akan keluar dari dalam perut. Untuk itu, hal ini sangat perlu diatasi. Agar saat makan tidak mual dan muntah, pastikan makanan yang dimakan adalah makanan yang bisa membuat lidah dan perut nyaman.

Makanlah sedikit demi sedikit. Jika perut mual dan ingin muntah, hentikan aktivitas makan yang sedang dilakukan. Makan lagi nanti saat suasana perut sudah nyaman dan tak mual lagi. Beberapa ahli kesehatan menyatakan jika mual ini bisa diatasi dengan minum atau makan sesuatu yang manis, dingin dan beraroma segar seperti jahe, lemon dan mint.

Ketika Penderita Kanker Kehilangan Kemampuan Merasa

Salah satu dampak dari kemoterapi atau perawatan kanker adalah hilangnya kemampuan merasa. Ya, walau hilangnya kemampuan ini tak terjadi secara keseluruhan. Karena kemampuan merasa memudar, beberapa makanan menjadi tak lagi nyaman saat dikonsumsi. Beberapa makanan bahkan akan terasa pahit dan mengganggu.

Tak perlu khawatir Ladies, penderita kanker bisa mengatasi hal ini. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang sedikit berlemak seperti daging ayam atau kalkun. Saat makan, pakailah peralatan makan yang terbuat dari plastik atau kaca. Hindari menggunakan alat makan dari logam.

Ladies, itulah cara cerdas agar tetap berselera selama perawatan kanker. Selain cara di atas, pastikan agar kamu konsumsi cukup air, lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki di pagi agar tubuh makin fresh dan pikiran makin tenang. Hindari beraktivitas terlalu berat. Agar pikiran lebih bahagia, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas bermanfaat nan menyenangkan seperti bertaman atau melihat anak-anak yang sedang asik bermain. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Dan pastikan untuk selalu semangat agar tubuh dan pikiran selalu sehat. ^__^

[pos_1]

What's On Fimela
Loading