Sukses

Beauty

Buah sebagai Menu Sarapan, Manfaatnya Apa Sih Sebenarnya?

Ladies, apa menu sarapanmu sehari-hari? Biasanya sih kita sarapan dengan nasi atau roti. Semakin mengenyangkan semakin baik, begitu mungkin yang kita pahami. Tapi pernah nggak coba untuk menjadikan buah sebagai menu sarapan?

Buah-buahan ternyata sebaiknya dikonsumsi di pagi hari atau saat perut masih kosong. Wah, makan buah di saat perut kosong, apa nggak bikin sakit perut? Andang W. Gunawan dalam bukunya Food Combining menuliskan bahwa mengonsumsi buah saat perut kosong tak akan menimbulkan masalah asal dikonsumsi dengan benar. Bahkan ada sejumlah manfaat besar yang kita dapat kalau kita sarapan dengan buah.

Manfaat Buah Sebagai Menu Sarapan

  • Buah mengandung unsur potensial pembersih sisa-sisa makanan dari usus besar.
  • Buah menghemat energi karena tidak memerlukan proses pencernaan panjang.
  • Buah memasak energi lebih cepat, karena zat gulanya bisa langsung diserap tubuh.
  • Buah memberi cukup energi sampai saatnya makan siang.

Cara Mengonsumsi Buah yang Benar
Buah yang akan kita konsumsi harus dicuci sampai bersih. Selain itu buah juga sebaiknya tidak mentah, tidak busuk, tidak berjamur, dan tidak memar. Pilih buah yang matang dan masih segar agar bisa mengurangi beban pencernaan, menghemat energi, serta tubuh bisa memperoleh energi lebih cepat.

Buah sebaiknya tak dikonsumsi bersama makanan lain atau segera sesudah makanan lain. Ini karena buah secara alamiah sudah mengandung kombinasi unsur gula dan asam dosis tinggi. Cara memakan buah pun ada “aturannya”.

Makanlah buah secara perlahan dan sedikit demi sedikit sampai pas mengisi perut. Dengan begitu, kita tak akan merasa sakit perut dan tak lekas lapar 1-2 jam berikutnya. Kalau dimakan buru-buru, ada risiko kita mengalami sakit kepala dan mual yang diakibatkan oleh tekanan gula darah yang melonjak mendadak.

Mengganti menu sarapan roti atau nasi dengan buah mungkin bukan hal yang mudah. Apalagi kalau kita sudah punya kebiasaan lama memilih menu berkabohidrat tinggi untuk sarapan. Tapi nggak ada salahnya juga untuk mencoba menjadikan buah sebagai menu sarapan. Demi pola makan yang lebih sehat, kita memang membutuhkan waktu dan proses sendiri.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading