Sukses

Beauty

Mau Tidur Lebih Nyenyak? Dengarkan Suara Gemericik Air

Kamu punya masalah susah tidur? Atau, kamu merasa tidurmu tak bisa nyenyak? Jika kamu mengalami hal ini, sudah saatnya kamu mencoba terapi tidur dengan memanfaatkan suara gemericik air. Dikutip dari laman dailymail.co.uk, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa suara gemericik air bisa membuat otak dan perasaan makin tenang. Ketika otak dan perasaan tenang, hal ini akan memungkinkan seseorang memiliki tidur yang lebih nyenyak dan lebih berkualitas.

Gemericik air bisa membuat pikiran makin tenang dan nyaman | Photo: Copyright asiantown.net

Seorang profesor dari Pennsylvania State University mengungkapkan jika suara gemericik air bisa menyamarkan suara lain di sekitar kita. Ketika suara lain di sekitar kita tersamarkan, hal ini akan membuat pikiran tenang dan nyaman. Otak pun akan tertidur dengan baik. Sementara itu, peneliti lain yang bernama Orfeu Buxton dari Live Science pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa suara gemericik air atau suara air hujan akan membuat suasana sekitar menjadi lebih damai dan menenangkan. Dengan suasana damai inilah, seseorang akan memiliki kualitas tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Buxton juga mengungkapkan jika suara gemericik air bisa mempengaruhi pikiran seseorang agar tetap tenang, tetap nyaman dan tidak khawatir dengan keadaannya. Dengan adanya suara gemericik air ini pula, seseorang bisa memiliki mimpi yang indah dan menyenangkan. Oh iya, kira-kira bagaimana bisa hal ini terjadi?

Penelitian mengungkapkan jika saat hujan atau terdapat suara gemericik air di sekitar kita, sadar atau tidak, suara tersebut akan membuat suasana di sekitar kita menjadi makin damai dan tenang. Suhu udara di sekitar kita juga akan terasa makin nyaman dan menyenangkan untuk tidur. Otak pun akan merespon dengan baik bahwa suara-suara gemericik air adalah suara yang mendamaikan.

Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Tapi Ladies, meski suara air hujan atau gemericik air bisa membuat pikiran tenang dan tidur makin nyenyak, suara air yang keras misalnya saja hujan badai atau suara siraman air di kamar mandi juga akan membuat otak berpikir hal berbeda. Suara hujan badai jelas akan membuat kita ketakutan. Suara siraman air di kamar mandi akan membuat kita ingin pergi ke kamar mandi. Dan, suara seseorang yang sedang membuat minuman akan membuat kita ingin minum.

Well, jika kamu ingin miliki tidur yang nyenyak, buat taman dengan air mancur di sekitar tempat tidur kamu ya. Suara air mancur ini bisa saja membuat kamu miliki tidur nyenyak setiap malam. Jangan lupa, pastikan kamar tidur kamu dalam kondisi bersih dan wangi agar tidur mu makin berkesan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading