Sukses

Beauty

Cegukan Memang Menyiksa, Redakan Dengan Tips Ini

Cegukan merupakan kondisi yang lumrah terjadi pada setiap orang, namun tak jarang menimbulkan rasa tidak nyaman terutama jika berlangsung dalam waktu lama.

Seperti dijelaskan dalam laman www.mirror.co.uk, cegukan terjadi ketika seseorang gagal menarik napas dengan sempurna. Cegukan biasanya terjadi ketika kita minum terlalu cepat atau mencoba makan dan bernapas di waktu yang bersamaan.

Kondisi tersebut menyebabkan otot diafragma dan dada berkontraksi, memicu penghirupan yang tak terkontrol. Udara yang dihirup tidak bisa mencapai paru-paru seperti yang terjadi pada pernapasan biasa akibat terjadinya kekejangan otot ringan.

Kejang otot tersebut menutup batang tenggorokan, dan akhirnya menimbulkan suara seperti mencicit yang biasa disebut dengan cegukan. Meskipun tak berbahaya, namun cegukan tentu menimbulkan ketidaknyamanan terutama jika kamu harus melakukan presentasi atau hal penting lainnya ya, Ladies?

Ada beberapa cara yang dipercaya bisa menghilangkan cegukan, mulai dari minum banyak air putih hingga dikagetkan dengan sengaja oleh orang lain. Meski banyak dilakukan, cara-cara tersebut sebenarnya kurang tepat.

Seperti halnya bersin, cegukan termasuk gerakan refleks tubuh sehingga tidak bisa dengan mudah dikontrol. Menurut penulis buku The Science of Everyday Life, Profesor Len Fisher, cara yang sudah terbukti secara ilmiah menghilangkan cegukan adalah dengan menahan napas.

Cobalah tahan napasmu selama beberapa detik, cara ini akan meningkatkan karbon dioksida pada saluran pernapasan sementara waktu. Karbon dioksida diketahui membantu mengatur napas agar lebih teratur. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan meminum beberapa teguk air sambil menahan napas.

Jika tidak juga hilang dan cegukan berlangsung terus menerus, maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Cegukan akut bisa menjadi tanda adanya penyakit, misalnya tumor pada leher atau laringitis (peradangan pada pita suara). Semoga bermanfaat!



(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading