Sukses

Beauty

Mengenal Radang Tenggorokan, Penyebab Dan Gejalanya

Pernah merasa tenggorokan sangat gatal, cenderung sakit atau seperti terbakar? Jika iya, kemungkinan besar kamu sedang mengalami radang tenggorokan. Mmm, sebenarnya apa sih radang tenggorokan tersebut? Dikutip dari laman mayoclinic.org, radang tenggorokan merupakan peradangan yang terjadi pada bagian belakang tenggorokan atau faring. Selama ini radang tenggorokan juga dikenal sebagai faringitis. Karena faringitis atau radang ini, tenggorokan rasanya menjadi sakit, seperti terbakar dan sangat gatal serta kesulitan menelan baik untuk menelan makanan maupun minuman.

Apa Sih Yang Menyebabkan Radang Tenggorokan?

Menurut beberapa ahli medis, radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh dua hal. Hal tersebut adalah infeksi (virus dan bakteri) dan penyebab non infeksi (alergi, tumor, gejala HIV/AIDS, Iritan dan GERD atau gangguan sistem pencernaan di mana asam lambung atau isi lainnya dari lambung kembali ke atas (reflux) yakni ke esofagus).

Beberapa virus yang menyebabkan radang antara lain adalah Common Cold, Flu (Influenza), virus campak, virus cacar air, mononucleusis (mono) dan virus croup atau sebuah virus yang menyebabkan batuk dan ditandai dengan batuk keras serta menggonggong. Sedangkan untuk bakteri yang menyebabkan radang antara lain adalah bakteri Streptococcus pyogenes, adanya bakteri penyebab infeksi saluran pernafasan yang menular dan difteri atau penyakit serius yang mengganggu sistem pernafasan.

Selain hal di atas, beberapa ahli menyebutkan jika radang tenggorokan juga terjadi karena makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan, makanan pedas, makanan yang tidak higienis atau juga polusi udara. Beberapa orang menderita radang tenggorokan karena alergi terhadap debu, asap kendaraan dan polusi udara lainnya. Tidak jarang, radang tenggorokan juga terjadi karena konsumsi es batu atau air dingin. Suhu rendah dari es dikatakan sangat rentan menyebabkan radang.

Lantas, Bagaimana Gejala Dari Radang Tenggorokan?

Ketika seseorang menderita radang tenggorokan, gejala yang muncul biasanya adalah suhu badan meningkat hingga 38 derajat celcius, kesulitan untuk menelan makanan atau minuman, merasa nyeri dan ngilu pada otot-otot tubuh, mengalami sakit kepala, kelelahan yang berlebih, batuk dan tenggorokan gatal serta pilek. Beberapa gejala lain yang bisa kamu rasakan saat mengalami radang tenggorokan adalah, tenggorokan terasa sakit dan bengkak, adanya ruam pada kulit tubuh juga mual yang disertai muntah.

Ladies, itulah ulasan mengenai radang tenggorokan, penyebab dan gejalanya. Jika kamu mengalami radang ini, segera periksakan diri ke dokter. Tidak jarang, radang tenggorokan yang kerap menimpa kamu adalah gejala dari adanya penyakit lain yang berbahaya di tubuh.

Agar terhindar dari radang tenggorokan, pastikan bahwa kamu menghindari makanan atau minuman panas, berlemak serta pedas. Hindari kebiasaan buruk merokok, minum minuman beralkohol, makan atau minum makanan dan minuman yang mengandung zat pewarna, pengawet, penyedap dsb. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, minum air putih cukup dan olahraga cukup. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga pula, kita dijauhkan dari berbagai penyakit ya. ^___^

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading