Sukses

Beauty

3 Kondisi Bibir Ini Bisa Mengungkap Kesehatan Kamu

Memiliki tubuh sehat, bugar dan tanpa masalah tentu menjadi impian dari semua orang. Dengan tubuh yang sehat, hal ini tentu akan membuat segala aktivitas kamu menjadi lebih menyenangkan dan mengesankan. Dan pada dasarnya, sehat atau tidaknya tubuh kamu juga bisa dilihat dari beberapa kondisi tubuh kamu lho.

Dikutip dari laman prevention.com, salah satu bagian tubuh yang bisa mengungkap kesehatan dengan mudah dan tepat adalah bibir. Ketika bibir mengalami beberapa masalah, hal ini akan mengungkap kesehatan kamu. Mmm, kira-kira apa saja masalah bibir yang bisa mengungkap kesehatan tersebut? Berikut ulasannya.

    Bibir Bengkak

    Inilah masalah pertama yang bisa mengungkap kesehatan. Ketika bibir bengkak, bisa saja tubuh saat itu sedang mengalami alergi. Keith Arbeitman, seorang ahli kesehatan mulut dan gigi di Manhattan mengatakan bahwa bibir bengkak adalah gejala awal ketika tubuh mengalami alergi terhadap makanan, cuaca atau serangga.

    Biasanya, alergi ini akan diikuti dengan bentol-bentol, gatal-gatal dan kulit berair. Jika kamu mengalami hal ini, solusi pertama adalah minum CTM atau air kelapa. Kalau alergi berlanjut, segeralah pergi ke dokter atau klinik terdekat.

    Bibir Kering

    Ini adalah masalah selanjutnya yang juga bisa mengungkapkan kesehatan kamu. Bibir kering erat kaitannya dengan kekurangan vitamin C, kekurangan cairan dalam tubuh dan kekurangan nutrisi penting. Diane Madfes, MD seseorang dokter dari American Academy of Dermatology mengungkapkan jika bibir kering merupakan tanda bahwa kurang terpenuhinya nutrisi penting dalam tubuh.

    Kondisi ini kemungkinan besar juga disebabkan oleh diet yang salah. Jika kamu menemukan bibir kering, disarankan agar kamu memperbaiki nutrisi yang dikonsumsi seperti halnya konsumsi daging, telur, makanan yang mengandung vitamin C, vitamin B, zat besi dan zat seng. Jangan lupa pula untuk makan buah dan sayur cukup setiap hari serta minum air putih cukup.

    Sudut Bibir Terluka

    Masalah ini mungkin jarang terjadi. Tapi, bagi kamu yang mengalaminya, disarankan agar kamu selalu waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter. Sudut bibir yang mengalami luka biasanya disebabkan oleh adanya jamur atau bakteri yang muncul dari dalam mulut.

    Para ahli mengatakan bahwa kondisi ini sebagai tanda bahwa ada salah satu atau lebih organ dalam tubuh yang mengalami masalah atau sakit. Tidak jarang, hal ini juga menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan kondisi kesehatan gigi atau gusi kamu.


Itulah beberapa kondisi bibir yang bisa mengungkapkan kesehatan kamu. Selain kondisi di atas, kondisi bibir lain yang juga bisa mengungkap kesehatan kamu adalah adanya luka di sekitar bibir. Luka ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu sedang kelelahan dan dehidrasi.

So, agar tubuh selalu sehat, pastikan memiliki pola hidup sehat, istirahat dan olahraga cukup ya? Jika bibir kamu mengalami kondisi atau masalah di atas, tak ada salahnya jika kamu segera pergi ke dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan kamu secara keseluruhan. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading