Sukses

Beauty

5 Tips Mulai Olahraga Lagi Setelah Kamu Lama Tak Olahraga

Tak mudah memang jika memulai olahraga lagi setelah lama tak olahraga. Tubuhmu pasti jadi tak familiar dengan gerakan yang menghentak, tiba-tiba dan butuh banyak tenaga. Bahkan jika kamu suah melakukan pemanasan, tubuh yang tak pernah digunakan olahraga biasanya juga akan lebih mudah lelah.

Tapi jangan menyerah karena hal ini, justru kamu harus menekuninya agar tubuhmu bisa lebih fit dan tak mudah lelah lagi dengan banyak olahraga. Untuk mengawalinya, ini yang bisa kamu lakukan.

Jadi, tak perlu harus langsung daftar member gym atau lari 100 meter. Yang kamu perlukan untuk mulai olahraga lagi adalah membiasakan diri dengan melakukan olahraga-olahraga ringan agar tubuhmu terbiasa dulu dengan aktivitas fisik, dengan begitu kamu bisa menambahkan aktivitas fisik lebih berat.

Latihan Dasar Fitnes

    Ketahanan  kardio

    Latihan ini mengacu pada sebaik apa kinerja jantung dan paru-parumu memasok oksigen selama latihan fisik.  Kamu bisa mengujinya dengan senam, bersepeda, berenang atau berlari keliling rumah.

    Ketahanan Otot

    Dalam hal ini, otot diminta untuk menguji ketahanannya dalam menerima tempaan saat menghadapi tekanan dan latihan berulang. Kamu bisa melatihnya dengan naik turun tangga, push-up atau plank.

    Kekuatan otot

    Otot dilatih untuk mengangkat beban, dan kamu bisa menguji kemampuan otot dengan pull up, push up atau sederhana saja, membawa barang-barang belanjaan sampai rumah.

    Fleksibilitas

    Tubuh diajari untuk lebih bisa bergerak lentur sehingga peredaran darah lancar dan sendi tak kaku. Lakukan gerakan-gerakan yoga simpel di rumah atau senam.

    Latihan pernafasan

    Atur pernafasan itu penting, coba menarik nafas kemudian tahan, lalu hembuskan. Semakin lama kamu bisa menahan dan bisa mengeluarkan nafas dengan perlahan dan santai, semakin bagus tubuh dalam mengontrol pernafasan.

Itu sekian hal yang bisa mulai kamu lakukan sendiri di rumah jika ingin aktif olahraga lagi. Yuk lakukan dari sekarang, biar tubuhmu tak kaget nanti saat olahraga yang sesungguhnya. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading