Sukses

Beauty

Ternyata, Lebih Sering Kesepian, Membuatmu Lebih Cepat Mati Lho!

Setiap orang memang butuh teman, entah itu teman hidup maupun teman bermain biasa. Karena ternyata peran teman sangat penting bagi kehidupan dan kesehatan mentalmu.

Para peneliti sudah mengetahui sejak lama bahwa perasaan atau emosi yang kamu rasakan mempengaruhi kesehatan. Tapi belum mengetahui secara jelas bagaimana bisa perasaan stres dan kesepian bisa memicu rasa sakit dan nyeri. Hal ini diduga erat kaitannya dengan sistem imun tubuh.

Steve Cole, Ph.D., dari Cousins Center for Psychoneuroimmunology di University of California, Los Angeles, menemukan hasil menarik mengenai penelitiannya. Dalam penelitian yang terfokus pada rasa kesepian ini, ia dan timnya menganalisis aktivitas genome orang yang kesepian dan tak kesepian.

Mereka mengidentifikasi 209 gen berbeda dan menguji sistem imun serta fungsi sel darah serta melihat reaksinya terhadap rasa sakit. Ternyata, beberapa gen tertentu pada orang kesepian menunjukkan lebih rentan mengalami inflamasi sehingga lebih sering sakit.

Dengan kata lain, penelitian membuktikan bahwa lebih sering merasa kesepian justru membuatmu lebih mudah terserang penyakit. Mereka juga menambahkan bahwa orang-orang yang merasa terisolasi secara sosial atau kesepian punya risiko kematian lebih tinggi karena terserang penyakit dan kurangnya dukungan sosial orang terdekat.

Wah, pengaruhnya besar juga ya ladies. Oleh sebab itu, jangan jadi orang yang terlalu pendiam dan menarik diri dari masyarakat ya, jika kamu tak punya teman dan kesepian, kemungkinan besar kamu juga akan lebih cepat mati lho.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading