Sukses

Beauty

Marina Bisa Ngamuk Saat Dengar Suara Orang Mengunyah, Alasannya..

Marina Sergeant, wanita berusia 24 tahun bisa langsung mengamuk dan panik ketika mendengar suara tertentu. Seperti suara orang mengunyah, mengorok, bahkan suara orang bernapas. Dia bisa panik sendiri dan uring-uringan saat mendengar suara-suara tersebut. Dan ternyata hal itu disebabkan oleh sebuah kondisi langka yang diidapnya.

Seperti yang dilansir oleh dailymail.co.uk, sejak berusia 16 tahun Marina didiagnosis mengidap misophonia. Misophonia adalah sebuah kondisi di mana seseorang bisa sangat membenci suatu suara. Marina ketahuan mengidap kondisi ini ketika ia tiba-tiba meneriaki teman sekolahnya untuk berhenti makan sebelum kemudian ia menggunakan headphone lalu lanjut menyelesaikan makan siangnya.

Penderita misophonia bisa langsung ngamuk atau panik setelah mendengar suara tertentu, seperti suara orang mengorok, mengunyah, suara televisi, suara orang mengetik, suara orang bersin, suara "klik" bolpoin, bahkan suara orang bernapas. Saat mendengar suara tertentu, penderit misophonia bisa langsung menunjukkan reaksi emosi yang negatif termasuk usaha melarikan diri dari suara tersebut.

"Aku takut dengan suara orang yang sedang makan atau orang yang mengetuk-ngetuk sesuatu, sehingga rasanya aku ingin kabur saja atau berteriak," papar Marina menjelaskan soal kondisinya. Marina bahkan pernah meneriaki orang asing di sebuah pusat perbelanjaan karena tak suka dengan suara kunyahannya. Suara itu membuat Marina jadi hilang kontrol.

Marina mengaku kalau gejala-gejalanya makin parah saat usianya makin bertambah. Selain suara orang mengunyah, Marina juga tak bisa tahan dengan suara orang minum, suara orang yang menggeletukkan jarinya, dan suara orang yang sedang menggaruk. Bahkan suara anak-anak yang menjilati jarinya pun membuat Marina bisa mendadak panik. Agar tidak teriak, Marina berusaha untuk segera menjauh.

Tahun 2014 lalu, Marina sempat berkonsultasi dengan dokter tapi dokter tersebut malah menertawakannya dan tak bisa mengobatinya. Akhirnya, Marina menemukan sebuah forum misophonia via Goole dan menemukan dokter yang bisa menanganinya, seorang audologist bernama Nolene Nielson. Setelah menjalani perawatan selama beberapa bulan, kini Marina sudah bisa bergabung di meja makan untuk makam malam bersama keluarganya untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun.

Ladies, apakah kamu juga mengidap kondisi seperti ini? Saat kamu mendadak emosi atau panik ketika mendengar suara-suara tertentu, cobalah berkonsultasi dengan dokter. Karena penderita misophonia ini juga termasuk mereka yang sensitif dengan suara "ahh" setelah minum atau sendawa.

(vem/nda)
What's On Fimela
Loading