Sukses

Beauty

Agar Tidur Makin Berkualitas, Jangan Lakukan Ini Sebelum Tidur

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap orang. Umumnya, seseorang disarankan tidur selama 6 sampai 7 jam setiap hari. Waktu ini dikatakan sangat baik dalam membuat tubuh menjadi makin sehat dan bugar. Ini juga dikatakan mampu membuat pikiran makin tenang serta nyaman. Tidur kurang dari 6 sampai 7 jam atau juga kelebihan, hal ini justru sangat tidak baik buat kesehatan.

Dikutip dari laman prevention.com, para peneliti dari University of California di San Diego menyebutkan jika orang-orang yang punya tidur berkualitas baik dan cukup setiap harinya, ia bisa memiliki rentan usia yang lebih panjang. Ia juga sangat mungkin terhindar dari berbagai risiko masalah fisik maupun psikis. Lantas, bagaimana cara untuk dapatkan tidur berkualitas setiap harinya? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan jangan sampai dilakukan sebelum tidur ketika kamu memang ingin dapatkan tidur yang berkualitas.

(vem/mim)

Cahaya Lampu

Untuk dapatkan tidur yang nyaman, nyenyak dan berkualitas, satu hal yang perlu diperhatikan adalah cahaya lampu. Usahakan untuk tidak menyalakan lampu yang terlalu terang. Alangkah baiknya, jika kamu mematikan lampu dan memasang lampu yang cahayanya redup agar pikiran lebih dingin dan tenang.

Para ahli mengungkapkan jika keberadaan cahaya lampu yang terlalu terang justru membuat pikiran kurang nyaman selama tidur, radiasi dari cahaya lampu juga dikatakan sangat tidak baik buat kesehatan tubuh. Selain cahaya lampu yang perlu dimatikan, sumber cahaya lain dari berbagai macam alat elektronik juga sangat perlu dikurangi. Pastikan untuk mematikan gadget, TV, komputer dan sebagainya agar tidur makin berkualitas dan mengesankan.

Nonton Film Horor / Kekerasan

Untuk hal kedua yang sangat perlu diperhatikan sebelum tidur adalah jangan nonton film horor atau kekerasan sebelum tidur. Apa yang kamu tonton ini disadari atau tidak akan mempengaruhi pikiran dan suasana hati kamu. Ini juga sangat memungkinkan kamu mengalami trauma serta ketakutan yang berlebihan hingga membuat kamu susah tidur.

Agar tidur makin berkualitas dan mengesankan sementara kamu tetap ingin nonton film sebelum tidur, disarankan agar kamu nonton film atau acara TV yang membuat perasaan nyaman, pikiran tenang dan bahagia. Ketika kamu bisa membuat pikiran kamu bahagia serta tenang sebelum tidur, ini dipastikan akan membuat tidur kamu makin berkualitas dan mengesankan. Tidur kamu pun akan semakin nyenyak.

Olahraga

Hal selanjutnya yang sangat perlu kamu perhatikan sebelum tidur dan disarankan agar tidak dilakukan adalah olahraga. Memang, olahraga adalah aktivitas yang diwajibkan untuk dilakukan dan memiliki manfaat yang sangat baik buat kesehatan fisik maupun psikis. Namun ingat, olahraga yang menyehatkan adalah olahraga yang dilakukan di waktu yang tepat dan tidak membahayakan buat kesehatan.

Para ahli mengungkapkan bahwa olahraga sangat baik dilakukan di pagi atau sore hari. Jangan sampai, olahraga dilakukan kurang dari 2 jam sebelum tidur saat malam. Olahraga yang dilakukan sesaat sebelum tidur justru sangat tidak baik buat kesehatan dan sangat memungkinkan meningkatkan berbagai risiko kesehatan seperti jantung serta stroke. Kalau pun memang ingin olahraga sebelum tidur, olahraga yang disarankan adalah olahraga yoga atau latihan pernafasan dan bukan olahraga berat yang menghasilkan banyak keringat.

Komsumsi Kafein

Bagi sebagian orang, minum minuman berkafein adalah suatu hal yang bisa membuat pikiran makin tenang, bahagia dan nyaman serta tidur makin berkualitas. Tapi, bagi sebagian orang lain, senyawa yang ada di kopi justru bisa membuatnya memiliki perasaan kurang nyaman, gelisah dan kesulitan tidur.

Para peneliti di Michigan's Henry Ford Hospital's Sleep Disorders & Research Center dan Wayne State College of Midicine menemukan bahwa kafein yang dikonsumsi sedikitnya selama 6 jam sebelum tidur akan mempengaruhi kualitas tidur. Tidak sedikit orang yang akhirnya tetap terjaga selama beberapa jam setelah ia minum minuman yang mengandung kafein terutama kopi. Dan kalau pun kamu ingin dapatkan tidur yang berkualitas, nyaman serta mengesankan, yang perlu dilakukan adalah menghindari minum minuman kafein sebelum tidur.

Ladies, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan usahakan agar tidak pernah dilakukan sebelum tidur jika ingin tidur yang kamu miliki berkualitas. Semoga, informasi ini bermanfaat.
[pos_1]

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Menurut Penelitian, Ciuman dari Pasangan Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh
Artikel Selanjutnya
Penelitian Membuktikan, Anak Mendapatkan Gen Kecerdasan dari Ibunya