Sukses

Beauty

Amankah Minum Obat Yang Sudah Lewat Tanggal Kadaluwarsa?

Kamu pasti meyakini bahwa obat yang kadaluwarsa barang sehari saja sudah tak aman dikonsumsi kan? Karena itulah yang memang menjadi aturan pakai pada obat berbahan kimia. Bagaimana pun kamu memang perlu mengikuti aturan pakai dan batas konsumsi kadaluwarsa.

Tapi benarkah obat yang baru saja lewat kadaluwarsa benar-benar tak bisa dikonsumsi? Hal buruk apa yang kemungkinan terjadi? Dalam shefinds.com, Dr. Sherry Ross, obgyn/dokter spesialis kandungan dan Women’s Health Expert dari Providence Saint John’s Health Center mengatakan bahwa segera setelah kamu tahu bahwa obat melewati masa kadaluwarsa, segera buang.

Itu adalah cara termudah dan paling aman. Karena ada beberapa macam obat-obatan yang bisa membahayakan bahkan memberi efek fatal jika kamu tetap mengonsumsi obat tersebut dalam keadaan sudah kadaluwarsa. Beberapa di antaranya seperti obat-obatan Fentanyl, Morphine Sulfate, Diazepam, Methadone, Acetaminophen dan oxycodone.

copyright by shutterstock.com

Produsen obat-obatan wajib menyertakan tanggal kadaluwarsa untuk menjamin keamanan konsumsi dan potensi fungsi obat dalam jangka waktu tertentu. Lebih dari jangka waktu yang ditentukan, keamanan tak bisa dijamin. Tapi pada kenyataannya, kebanyakan obat-obatan masih punya jangka waktu bisa digunakan meski sudah lewat masa kadaluwarsa.

Hal ini telah diuji dan melalui tes ilmiah. Dan obat-obatan masih bisa dikonsumsi bahkan beberapa bulan kemudian atau beberapa tahun setelah masa kadaluwarsa. Namun jangan mengandalkan hal ini. Tapi mengapa harus mengambil risiko? Bagaimana pun kamu tak tahu obat mana yang masih aman dikonsumsi dan mana yang membahayakan setelah kadaluwarsa.

Obat juga bisa berubah dipengaruhi banyak faktor, seperti misalnya botol penyimpanan, suhu ruangan, kelembaban, dan terpapar sinar matahari atau tidak. Penyimpanan botol yang tak ditutup rapat atau kemasan yang rusak juga bisa mempengaruhi obat.

Jika tak sengaja minum obat sakit kepala atau kapsul lain yang mengobati sakit ringan yang sudah kadaluwarsa, dokter Sherry Ross mengatakan mayoritas obat ini mana dikonsumsi di luar tanggal kadaluwarsa, meski potensi obat tak seratus persen bekerja di dalam tubuh.

Namun agar lebih aman, selalu pastikan melihat tanggal kadaluwarsa obat dulu ya sebelum megonsumsinya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading