Sukses

Beauty

Jaga Kebersihan Handuk Agar Tidak Jadi Tempat Bersarang Bakteri

Disadari atau tidak, setiap orang membutuhkan handuk untuk mengeringkan badan selepas mandi. Biasanya, kita akan meletakkan handuk di kamar mandi agar kita semakin mudah dalam mengambil handuk selepas mandi atau sekedar cuci muka dan mencuci kaki. Tapi, apakah menaruh handuk di kamar mandi aman dan bisa membuat handuk tetap bersih serta sehat? Dikutip dari laman medicaldaily.net, menaruh handuk di kamar mandi dalam waktu lama sangat tidak disarankan.

Handuk yang diletakkan di dalam kamar mandi yang lembab sangat rentan menjadi tempat bersarang dan berkembang biak kuman juga bakteri. Lebih parahnya lagi, handuk yang lembab dan jarang dicuci sangat mungkin menjadi tempat tumbuhnya jamur. Ketika hal ini terjadi, tentunya handuk menjadi salah satu hal yang sangat tidak sehat.

Para ahli mengungkapkan bahwa handuk sebaiknya senantiasa bersih dan kering sebelum dipakai. Ia, juga sebaiknya diletakkan di tempat yang kering atau kalau bisa di bawah cahaya matahari langsung agar bakteri serta kuman di dalamnya bisa mati. Para ahli juga menyarankan agar sebaiknya handuk dicuci maksimal 1 kali dalam seminggu. Sementara itu, batas kadaluwarsa handuk adalah 1 - 3 tahun tergantung kondisinya masih layak atau sudah tak layak digunakan.

Marilyn C. Roberts, seorang profesor kesehatan di University of School of Public Health mengatakan, "Bakteri dan kuman sangat suka berada di tempat yang kotor dan lembab. Termasuk di handuk. Handuk adalah tempat paling cocok untuk tumbuh dan berkembangnya kuman serta bakteri. Di tempat ini, bakteri dan kuman akan senantiasa tumbuh subur. Apalagi, jika handuk jarang dicuci dan dijemur di bawah paparan sinar matahari langsung."

Ketika handuk telah menjadi tempat bersarang kuman dan bakteri, ini sangat memungkinkan tubuh akan rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Kulit tubuh juga akan sangat mudah mengalami masalah kesehatan ketika handuk yang dipakai sehari-hari kotor, lembab dan sebagai rumah menyenangkan bagi bakteri. Agar handuk yang dipakai sehari-hari senantiasa sehat, pastikan untuk mencucinya setidaknya 1 minggu sekali. Pastikan juga agar handuk senantiasa kering.

So, mulai sekarang jangan pernah biarkan handuk kamu kotor dan lembab agar tidak ada kuman serta bakteri yang bersarang di sana

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading