Sukses

Beauty

Susah Tidur? Cara Ini Akan Bantu Kamu Lebih Mudah Tidur

Tidur atau istirahat merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan dengan cukup setiap harinya. Idealnya, seseorang memerlukan tidur selama 6 sampai 7 jam setiap harinya. Dengan tidur yang cukup, hal ini akan membuat seseorang menjadi lebih sehat secara fisik maupun psikis. Tidur cukup juga akan membuat seseorang terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Tapi sayangnya, karena suatu hal, seseorang bisa saja tak bisa tidur cukup setiap harinya. Beberapa orang bahkan akan mengalami susah tidur atau yang sering disebut sebagai insomnia. Jika sudah begini, tentunya hal ini akan membuat seseorang rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Lantas, bagaimana caranya agar kembali bisa tidur dengan mudah dan dapatkan tidur yang cukup serta berkualitas setiap harinya? Sebenarnya nih ya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa lebih mudah buat tidur dan dapatkan waktu tidur yang cukup serta berkualitas.

Cara tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

    Tarik Nafas, Buang Pelan-Pelan Lalu Konsentrasi

    Sebelum tidur usahakan untuk menarik nafas dalam-dalam dengan pelan, membuangnya pelan-pelan lalu konsentrasi buat tidur. Usahakan untuk tenangkan pikiran dan buat diri kamu senyaman mungkin. Dengan pikiran yang tenang dan nyaman, dipastikan bahwa kamu akan tidur dengan berkualitas dan mengesankan.

    Berbaring Terlentang atau Miring Kanan

    Menurut Charles Linden, seorang ahli kesehatan mengungkapkan bahwa tidur terlentang atau miring ke kanan adalah posisi yang baik agar kamu bisa tidur dengan nyaman, tenang serta berkualitas. Dikutip dari laman mirror.co.uk, posisi tidur yang nyaman akan senantiasa membuat seseorang dapatkan tidur yang berkualitas dan cukup.

    Gunakan Pakaian Longgar

    Agar tidur semakin nyaman, nyenyak dan berkualitas serta mudah, usahakan untuk mengenakan pakaian yang longgar. Tapi ingat, ketika kamu mengenakan pakaian longgar, pastikan bahwa tubuh kamu juga hangat dan nyaman. Tidur dengan pakaian sempit biasanya akan membuat dada sesak dan sistem pernafasan tidak bekerja dengan baik sehingga menyebabkan susahnya tidur.

    Pejamkan Mata dan Buang Pikiran Stres

    Pejamkan mata secara pelan-pelan dan buang jauh segala pikiran stres yang membuat kamu merasa cemas, khawatir maupun takut. Bila masih merasa cemas dan khawatir, kamu bisa tidur dengan menyalakan musik pengantar tidur, menghirup wewangian aroma terapi yang memudahkan kamu tertidur atau tidurlah bersama seseorang yang benar-benar kamu percaya akan menjaga kamu selama tertidur. Selama kamu merasa aman dan nyaman, hal ini akan membuat kamu lebih mudah tertidur dan istirahat.

    Pastikan Tempat Tidur Bersih Lagi Nyaman

    Pastikan bahwa tempat tidur yang kamu tempati bersih lagi nyaman. Tak hanya membuat tidur semakin mudah dan nyenyak, tempat tidur yang bersih dan nyaman juga akan membuat tidur semakin berkualitas dan mengesankan. Ini juga memungkinkan kamu memiliki fisik serta psikis yang lebih sehat. Idealnya, sprei kamar tidur diganti setiap 1 minggu sekali, begitu juga dengan sarung bantal dan guling di tempat tidur.

    Miliki Pola Hidup Sehat

    Pastikan bahwa kamu memiliki pola hidup yang sehat ketika kamu ingin memiliki tidur yang cukup setiap harinya. Konsumsi buah dan sayur cukup, olahraga cukup, minum air putih cukup dan jauhi segala hal yang membuatmu stres serta sakit. Dengan memiliki pola hidup yang sehat, dipastikan ini akan membuat fisik dan psikis kamu juga semakin sehat dan tidur pun semakin mudah untuk dilakukan.


Ladies, itulah beberapa hal yang perlu dilakukan agar kamu bisa lebih mudah buat tidur. Well, cara yang sangat mudah bukan? Jika dengan cara di atas kamu masih juga susah tidur, jangan segan untuk memeriksakan kondisi kesehatan kamu ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading