Sukses

Beauty

Agar Nutrisi Sayur Tak Hilang, Jangan Memasak Dengan Direbus

Sayur memang merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak nutrisi penting untuk tubuh. Setiap orang sangat disarankan agar senantiasa mencukupi kebutuhan sayur juga buah agar kesehatannya senantiasa baik lagi mengesankan. Tapi nih ya, saat memasak sayur, kita juga harus memperhatikan cara memasak yang kita lakukan agar sayuran yang kita konsumsi nutrisinya tidak hilang selama dimasak.

Para ahli sangat menyarankan agar kita tidak memasak sayur dengan cara direbus terlalu lama. Para ahli bahkan akhir-akhir ini menyarankan agar kita tidak memasak sayur dengan cara direbus jika kita ingin dapatkan nutrisinya secara penuh. Dikutip dari laman asiantown.net, sayur yang dimasak dengan cara direbus sementara air rebusan sayur tersebut dibuang, ini jelas membuat nutrisi pada sayur telah berkurang banyak.

Seorang ahli gizi bernama Tracy Lesht mengatakan bahwa, "Sayur yang dimasak dengan cara direbus lebih mungkin mengalami pengurangan nutrisi hingga 50 persen. Kalau memang ingin nutrisi pada sayur tidak berkurang banyak, kita bisa memasaknya dengan cara mengukus atau merebus sebentar dengan sedikit air."

Tracy juga menyarankan agar kalau kita memasak sayur dengan cara direbus, ketika air telah mendidih dan sayur cukup layu, tugas kita segera mengangkat sayur tersebut. Merebus sayur dalam waktu yang terlalu lama dengan suhu yang terlalu panas dan air terlalu banyak justru akan membuat nutrisi pada sayuran hilang.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa beberapa jenis sayuran nutrisinya akan larut saat ia dimasak dengan cara direbus. Beberapa sayuran tersebut antara lain adalah kangkung, bayam, buncis, kacang polong, brokoli dan kacang panjang. Mengingat bahwa sayuran ini nutrisinya akan hilang jika dimasak dengan direbus, para ilmuwan sangat menyarankan agar sayur ini tidak dimasak dengan cara direbus jika memang itu memungkinkan. Tapi, jika memang sayuran ini harus dimasak dengan direbus, pastikan untuk merebusnya sebentar saja, dengan api kecil dan sebentar saja.

Tracy juga mengungkapkan, "Minimalkan waktu memasak dan gunakan sedikit air saja saat memasaknya. Gunakan api yang kecil dan jangan memasak hingga terlalu mendidih. Proses memasak yang lama terutama dengan cara direbus akan membuat nutrisi pada sayur larut."

Well Ladies, ketika kamu ingin memasak sayuran dan memastikan nutrisinya tidak berkurang banyak apalagi hilang, usahakan untuk memasak sayur dengan cara yang tepat. Usahakan pula untuk tidak memasak sayur dengan cara direbus jika memang itu memungkinkan. Semoga, informasi ini bermanfaat

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading