Sukses

Beauty

Ternyata, Orang yang Punya Kebiasaan Bohong Mengidap Sakit Mental

Tidak ada orang yang tidak pernah berbohong, bahkan kemungkinan besar orang akan berbohong paling tidak dua kali dalam sehari. Tapi bohong pun ternyata bisa mengindikasikan bahwa seseorang mengidap penyakit mental.

American Journal of Psychiatry menjelaskan bahwa kelakuan berbohong bisa dibedakan antara orang normal dengan orang yang mengalami pathological liar. Pathological lying sendiri adalah kondisi medis di mana seseorang berbohong sepanjang waktu, bahkan melakukannya tanpa alasan apa pun. Berbeda dengan orang yang sengaja berbohong, orang berbohong pasti punya alasan kuat mengapa ia harus melakukannya.

Untuk mengetahui apakah seseorang adalah pathological liar, ini beberapa tandanya.

    Kebohonganya tampak meyakinkan

    Orang yang terbiasa bohong akan sangat ahli mengolah cerita dan menjadikan kebohongannya sulit dibedakan dengan yang nyata. Pathological liar pandai menyusun kenyataan jadi kebohongan. Tanda ini terkadang sulit ditangkap, namun seringnya interaksi dengan orang tersebut, kamu bisa membedakannya.

    Kebohongan tersebut membuatnya terlihat jadi orang baik

    Ketika ia menceritakan sesuatu, ia selalu menempatkan diri jadi 'orang baik' atau terkadang terkesan jadi 'korban' atau pihak yang dirugikan. Ia akan terlihat seperti seorang pahlawan di dalam cerita tersebut. Hal ini bisa jadi dipicu kurangnya rasa percaya diri. Pathological liar merasa butuh perhatian, dan melakukan apa saja agar bisa tampak baik.

    Ceritanya terdengar dan tampak berlebihan

    Jika menceritakan sesuatu, kamu mudah sekali menemukan kejanggalan di dalam ceritanya, dan dari situ kamu tahu itu adalah kebohongan. Ceritanya terkadang terdengar tidka masuk akal dan berlebihan. Terkadang ia akan menceritakan cerita yang sama dengan alur berbeda ke tiap orang yang ditemuinya.

    Menghindari pertanyaan yang bisa buat mereka ketahuan

    Ketika mereka diberi pertanyaan yang mengarah ke pembuktian kebenaran cerita, mereka akan membelokkan pertanyaan ke topik lain. Bisa juga mereka memanipulasi jawaban dan meyakinkan bahwa mereka sudah menjawab pertanyaan tersebut. Bahkan jika mereka ketahuan bohong, mereka akan menyalahkan orang lain atas hal tersebut.

    Bersikap santai

    Uniknya seorang yang terbiasa bohong ini tenang sekali saat menceritakan kebohongan. Mereka bahkan menjaga eye contact secara intens selama bercerita. Meski begitu nada bicara dan senyum mereka tidak tulus. Terkadang mereka juga menunjukkan mood swing yang buruk.

Biasanya, orang seperti ini akan mengalami delusional, sering pindah dan gonta-ganti pekerjaan. Mereka juga punya hubungan yang buruk dengan orang-orang yang dikenalnya. Jadi, hati-hati saja ya kamu jika bertemu dengan orang jenis ini.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading