Sukses

Beauty

Berdoa Bermanfaat Menyehatkan Jiwa & Raga, Inilah Buktinya

Kala hati bersedih, kalut, putus asa, kesepian dan marah, tidak jarang hal ini akan membawa kita menjadi pribadi yang lebih sering berdoa. Hal ini akan membawa kita menjadi pribadi yang lebih dekat dengan sang Maha Kuasa. Tapi, berdoa sebenarnya tak hanya dilakukan saat hati sedih dan gelisah saja ladies. Pada kesempatan apapun, kapan pun dan di mana pun, kita senantiasa diwajibkan untuk berdoa dan memanjatkan puji syukur serta harapan kita kepada Tuhan.

Dilansir dari laman thehealthsite.com, selain mendekatkan diri kepada Tuhan, berdoa memiliki segudang manfaat buat kesehatan jiwa raga. Berdoa, juga menjadi aktivitas yang bisa membuat kita jadi pribadi yang senantiasa berpikir positif, lebih tenang dan bebas dari berbagai masalah kesehatan fisik juga psikis. Para ahli mengungkapkan sedikitnya ada 4 manfaat sehat dari aktivitas berdoa.

Apa saja manfaat tersebut? Simak yang berikut ini.

Mencegah & Mengatasi Stres
Sebuah studi yang dilakukan para ahli psikis pada tahun 2014 menyebutkan bahwa berdoa bermanfaat mencegah dan mengatasi stres. Kekuatan doa bahkan bisa membuat seseorang terhindar dari risiko depresi juga masalah psikis lainnya. Kekuatan doa bisa membuat seseorang jadi makin tenang, tak mudah asa dan berpikir positif.

Berdoa Bikin Bahagia
Selain mencegah dan mengatasi stres, berdoa juga bermanfaat bikin perasaan lebih bahagia. Para ilmuwan yang mempublikasikan temuannya di JAMA Networks Journal mengemukakan bahwa orang-orang yang gemar menghadiri ibadah keagamaan dan memiliki bekal agama yang kuat atau religius lebih bahagia dibanding orang-orang lainnya. Tak hanya dirinya yang bahagia, keluarganya juga bahagia, sejahtera dan lebih sabar.

Panjang Umur
Sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan di Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa orang-orang yang religius dan gemar berdoa di masjid, di kuil, di gereja atau tempat ibadah sesuai kepercayaan masing-masing umumnya memiliki umur yang panjang. Mereka yang beribadah dengan tulus, sungguh-sungguh dan mengharap ridha Tuhan, umumnya akan hidup lebih sehat, tenang dan bahagia.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Oarng-orang yang rajin berdoa dipercaya bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pikiran yang senantiasa positif, hati yang tenang dan bahagia adalah salah satu alasan kenapa orang-orang yang rajin berdoa memiliki sistem kekebalan tubuh kuat. Orang-orang yang gemar berdoa, sabar serta ikhlas juga bisa terhindar dari risiko jantung dan tekanan darah tinggi.

Itulah manfaat berdoa bagi kesehatan jiwa raga. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua selalu menjadi pribadi yang gemar berdoa, memasrahkan segalanya padaNya, sabar dan bahagia serta lapang dada.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading