Sukses

Beauty

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Demam & Flu Menyerang!

Siapa yang ingin sakit? Bahkan jika itu hanya demam dan flu. Tapi bagaimana jika kesehatan sedang menurun dan kamu ternyata harus mengalaminya? Bukan hanya istirahat yang kamu butuhkan. Ini yang perlu kamu lakukan agar demam dan pilek cepat pergi seperti dijelaskan Dr.Gustavo Ferrer, MD, dalam Health.com.

Demam sendiri adalah gejala yang datang bersamaan dengan flu atau pilek, yang ditandai dengan fluktuasi temperatur tubuh.

1. Cek suhu tubuh dengan termometer

Jika kamu merasa tubuhmu panas, coba cek berapa kenaikan suhu tubuh dengan termometer. Suhu normal tubuh ada di angka 37 derajat Celcius (atau berada di kisaran 36,5-37,2 derajat Celcius). Tubuh sudah bisa dikatakan memasuki demam jika suhunya mencapai 38 derajat Celcius. Hal ini dapat membantu mengenali apakah kamu memang benar demam atau hanya mengalami fluktuasi suhu tubuh biasa.

2. Minum yang banyak

Jika demam dan flu menyerang, perbanyaklah minum air putih. Karena demam akan membuatmu dehidrasi dan cairan tubuh akan banyak berkurang. Air hangat, teh, bahkan sup ayam pun bisa jadi pilihan menambah cairan tubuh. Beberapa dokter bahkan menyarankan untuk minum minuman yang mengandung elektrolit.

Yang perlu kamu lakukan jika demam/copyright Shutterstock.com

3. Nafsu makan turun? Jangan paksakan makan

Seringkali orang yang mengalami demam karena tubuh sedang melawan infeksi virus, akan mengalami turunnya nafsu makan secara drastis. Jika kamu memang tak ingin makan, maka jangan paksakan makan. Kalaupun ingin makan, makanlah makanan hangat dan disarankan makan sup kaldu ayam karena dapat membantu mempercepat penyembuhan.

4. Kompres badan

Jika kamu harus bed rest,siapkan kompres di samping tempat tidur. Kompres kepala dan bagian yang dirasa sangat panas atau membuatmu tidak nyaman. Gunakan air dingin atau air hangat, mana saja yang membuatmu paling nyaman. Mengompres memang tidak bisa menyembuhkan tapi paling tidak mengurangi rasa tidak nyaman karen tubuh panas.

5. Istirahat total dan minum obat

Kurangi aktivitas fisik dan membuatmu berpikir keras. Istirahat total dengan cara berbaring dan tidur adalah yang terbaik agar cepat sembuh. Minum obat agar demam cepat turun dan kamu cepat tertidur. Tubuh demam adalah tanda bahwa imun tubuh sedang melawan virus, jadi agar lebih optimal, istirahatlah total.

Itu dia yang bisa kamu lakukan jika sedang demam dan flu, untuk segera sembuh, maka lakukanlah sekian hal di atas ya ladies. Cuaca sedang tak enak, jaga kesehatan ya!

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading