Sukses

Beauty

Bagaimana Menentukan Angka Normal dari Pengukuran Peak Flow Meter?

Salah satu tujuan menggunakan peak flow meter adalah untuk mengontrol asma anda dari jumlah udara yang anda hembuskan dalam satu hembusan nafas. Perbedaan angka yang muncul dari pengukuran anda menggunakan peak flow meter anda setiap hari nya dapat dijadikan sebuah informasi penting bagi dokter anda. Hal ini tentu saja demi tujuan supaya asma anda terkontrol dengan baik.


Lalu, tahukah anda berapa angka normal dari pengukuran menggunakan peak flow meter? Berikut adalah cara menentukan angka normal untuk anda yang telah berhasil dirangkum dari www.lung.org.
Secara umum, angka normal yang ditunjukkan dari peak flow meter berkisar sekitar 20%. Namun, untuk menginterpretasi apakah angka yang ditunjukkan termasuk dalam kisaran normal atau tidak, anda dapat mengacu dari beberapa zona pengukuran yang ada, yakni zona hijau, kuning, dan merah. Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing zona.

  • Zona Hijau:80-100% dari hasil pengukuran anda dalam keadaan yang baik atau normal. Ini artinya asma anda sudah terkontrol dengan baik sehingga anda dapat meneruskan pengobatan yang sedang anda jalani.
  • Zona Kuning: 50-100% dari angka hasil pengukuran memberikan tanda hati-hati. Saluran pernapasan anda mulai menyempit sehingga hendaknya anda segera mengunjungi dokter. Gejala asma bisa jadi membaik atau memburuk berdasarkan apa yang anda lakukan, bagaimana dan kapan anda mengkonsumsi obat.
  • Zona Merah: kurang dari 50% dari hasil angka pengukuran menunjukkan symbol bahaya. Anda harus segera menghubungi dokter karena penyempitan parah terhadap saluran pernapasan dapat terjadi jika anda tidak segera berkonsultasi dengan dokter.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading