Sukses

Beauty

Penyebab Rambut Rontok I: Faktor Hormon

Ladies, rambut rontok adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami oleh semua kalangan bisa pria maupun wanita, bahkan menyerang segala usia, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, ataupun lanjut usia.

Perlu Anda ketahui ada banyak sekali hal-hal yang menyebabkan kerontokan pada rambut. Banyak yang menyebutkan karena faktor genetik, tetapi masih banyak sebab lain selain faktor tersebut. Seperti yang dijelaskan pada situs mayoclinic.com, para peneliti menyebutkan bahwa hampir 65% penyebab kerontokan rambut karena masalah hormonal. Hormon Dihydrostesteron (DHT) adalah salah satu jenis hormon yang menyebabkan terjadinya rambut rontok. Hormon Androgen sering disebut dihydrotestosterone atau DHT

Hormon Androgen atau sering disebut dengan Dihydrotestosterone atau DHT dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Hormon ini merupakan hormon jantan yang diproduksi oleh laki-laki maupun wanita. Tingginya kadar hormon androgen ini dapat menjadi faktor penyebab rambut rontok pada alopecia androgenik. Akan tetapi rambut rontok atau kebotakan tidak ada hubungannya dengan tingkat kejantanan seorang pria.

Hormon Androgen ini menyerang kesehatan folikel rambut, folikel rambut tidak dapat tumbuh dengan baik, sehingga rambut mengalami kebotakan. Proses rambut rontok oleh faktor hormon di mulai dengan penipisan rambut pada bagian dahi atas dan meluas ke belakang.

Nah, ladies jika Anda mengalami kerontokan rambut karena masalah hormonal, Anda jangan langsung menggunakan obat dipasaran untuk menyembuhkannya. Salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok karena masalah hormonal ini adalah Anda dapat mengkonsultasikannya ke dokter spesialis kulit agar mendapat terapi penyeimbangan hormon, sehingga kebotakan dini bisa disembuhkan sejak awal.

Lalu, adakah faktor lain yang menyebabkan rambut rontok? Jawabannya ada, Ladies, di Penyebab Rambut Rontok II: Faktor Gen.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading