Sukses

Beauty

Tapak Liman dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ladies, Anda sering mendengar tanaman tapak liman? Tanaman ini sudah lama dipercaya sebagai tanaman obat. Berikut ini adalah ulasan mengenai tapak liman dan berbagai manfaatnya terhadap kesehatan.

Tapak liman (Elephantrophus scaber) merupakan tanaman obat yang banyak dijumpai di lingkungan sekitar. Ciri-ciri dari tanaman ini antara lain memiliki batang tangkai yang kaku, berambut, dan bercabang. Daunnya kecil dan jarang. Tanaman ini memiliki bunga yang berada di ujung batang dan berwarna ungu. Uniknya, bunga dari tapak liman akan mekar saar siang hari dan menutup kembali saat sore hari, menurut informasi yang dilansir situs khasiat-obatherbal.blogspot.com.

Tanaman ini memiliki beberapa khasiat yang sangat bermanfaat. Daun tapak liman mengandung glukosida yang berfungsi sebagai antibiotik terhadap bakteri Staphylococcus, seperti informasi yang dilansir situs freewebs.com. Manfaat lain yang terkenal dari tapak liman adalah untuk memicu hormon pria saat melakukan hubungan suami istri. Hal ini dikarenakan tapak liman mengandung stigmaterol yang membentuk hormon progesteron dan melancarkan peredaran darah.

Tanaman ini sudah lama digunakan sebagai tanaman obat karena seluruh bagian tubuh tanaman dapat digunakan sebagai obat. Manfaat lain yang dapat diperoleh dari tapak liman adalah mengobati peradangan, influenza, bahkan keputihan sekalipun. Selain itu, tapak liman berguna untuk mengobati perut kembung, hepatitis, beri-beri, disentri, gigitan ular berbisa, dan masih banyak lagi.

Nah, Ladies! Ternyata banyak juga ya manfaat tapak liman. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Oleh: Rani Rahma

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading