Sukses

Beauty

Seputar Suplemen Tubuh dan Hubungannya dengan Permasalahan Jerawat

Fimela.com, Jakarta Selama pandemi, dapat dikatakan bahwa kita telah berinvestasi lebih dari sebelumnya dalam menjaga kesehatan sebaik mungkin. Akibatnya, permintaan vitamin dan suplemen meroket. Tentu saja, pandemi adalah pendorong utamanya, dengan banyak dari kita yang menyimpan vitamin C yang konon dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau mengandalkan dosis vitamin D untuk mengimbangi semua waktu yang kita habiskan di dalam ruangan. Mungkin 2021 adalah tahun sebagian orang memutuskan untuk menjadi vegan dan ingin meningkatkan asupan zat besi, atau mungkin menambahkan bubuk protein membantu tubuh menjalani latihan di rumah.

Kita bisa melihat influencer dan pakar menggunakan banyak suplemen berbentuk kapsul, pil, dan bubuk untuk mereka konsumsi dalam menjaga kesehatan hingga kekebalan tubuh. Namun baru-baru ini, ahli gizi dan ahli kulit telah mencatat hubungan antara suplemen tertentu dan kondisi kulit yaitu, bagaimana suplemen tersebut dapat memperburuk masalah seperti jerawat pada orang dewasa.

Apakah suplemen protein menyebabkan jerawat?

Banyak dari kita yang berkomitmen pada latihan dan tergiur dengan promosi besar-besaran dari suplemen protein pembentuk otot dalam berbagai bentuk (seperti bubuk hingga batangan saat ini. Tetapi promosi di pasaran jarang menyertakan efek samping pada kulit.

Beberapa orang yang sensitif terhadap produk susu sebagai penyebab jerawat mereka. Jika mengonsumsi suplemen protein berpotensi menyebabkan perburukan masalah kulit mereka.

Dilansir dari refinery29.com, Menurut Dr. Saira Vasdev, dokter kecantikan dan pendiri Skin & Sanctuary, ada beberapa penelitian kecil yang menunjukkan bahwa, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, bubuk protein berbasis whey dapat memicu munculnya jerawat di wajah dan memperburuk jerawat yang sudah ada sebelumnya, terutama di kalangan wanita.

Dalam penelitian ini, dada, bahu, dan punggung juga sering terpengaruh. Alasan di baliknya, Dr.Vasdev menjelaskan, adalah bahwa "Pada beberapa orang, meskipun tidak semua, suplemen protein dapat meningkatkan produksi minyak melalui hormon insulin," Ia menunjukkan bahwa peningkatan produksi minyak pada akhirnya menyebabkan penyumbatan, peradangan, dan peradangan jerawat.

Apakah vitamin B12 menyebabkan jerawat?

Vitamin B12 ditemukan di hampir semua multivitamin. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia. Pola makan vegan atau vegetarian, atau mengikuti diet iseng, dan gejalanya berkisar dari lesu dan sakit kepala hingga perasaan pingsan. Borg mengingat seorang klien yang telah meresepkan dirinya sendiri vitamin B12 dalam dosis tinggi setelah diyakinkan akan kekurangannya dan melaporkan mengalami ruam dan gatal, bercak merah pada kulit. Tetapi keluhan lebih lanjut menunjukkan bahwa orang lain yang mengonsumsi vitamin B12 memperhatikan memburuknya jerawat.

Ada bukti anekdotal dan laporan kasus dari beberapa individu yang menemukan bahwa mengonsumsi B12 dapat memperburuk jerawat. Pada sebagian individu, B12 dapat mengubah mikrobioma kulit, yang merupakan bakteri ramah yang hidup di permukaan kulit. Bakteri ini membuat kulit bahagia dan sehat, tetapi bila jumlahnya kurang, bakteri penyebab jerawat dapat berkembang biak. Dr Anjali Mahto menjelaskan pada refinery29.com, bahwa bakteri penyebab jerawat ini dapat mendorong peradangan, berpotensi memperburuk jerawat. Sementara itu, Dr. Vasdev menyebutkan ini hanya dianggap sebagai faktor penyebab yang tidak umum dan terjadi pada orang dengan kulit rentan berjerawat.

 

Bagaimana cara menghilangkan jerawat karena suplemen?

Jerawat adalah keluhan anekdot paling umum dari pengobatan sendiri dengan beberapa suplemen. Dr. Vasdev menjelaskan bahwa jerawat seringkali merupakan kondisi kompleks dengan banyak faktor yang berperan, termasuk hormon, diet, obat-obatan, dan genetika.

Jika kamu telah mengubah asupan suplemen, mungkin ingin mengubah rutinitas perawatan kulit (skincare) juga. Kurangi suplemen dan gunakan vitamin alami.

"Jika ada masalah dengan jerawat, kebanyakan orang bisa mulai dengan menjaga rutinitas perawatan kulit mereka," kata Dr. Mahto.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading