Sukses

Beauty

6 Cara Mencerahkan Wajah Kusam secara Cepat, Alami, dan Aman

Wajah cerah bersinar adalah tekstur kulit wajah yang diidam-idamkan banyak perempuan karena kondisi tersebut merupakan kondisi kulit wajah yang sehat dan terawat. Kerap kali masalah wajah kusam, kering, dan berminyak sering membuat banyak perempuan menjadi terganggu dan kurang percaya diri.

Oleh karena itu, tidak heran jika perempuan melakukan berbagai cara untuk mencerahkan wajah. Mulai dari memakai banyak skincare sampai melakukan treatment atau perawatan wajah yang menggunakan alat-alat medis. Namun, sebenarnya kamu bisa mendapatkan kulit cerah bersinar dengan cara-cara dan bahan alami saja.

Ada banyak bahan alami yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah kusam, tentu saja bahan alami ini mudah didapatkan karena dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Kandungan yang ada pada bahan alami tersebut aman digunakan untuk mencerahkan wajah sehingga efek samping yang mungkin ditimbulkan menjadi lebih kecil daripada perawatan atau produk yang menggunakan bahan kimiawi.

Maka dari itu, kamu perlu tahu perawatan alami apa saja yang bisa dilakukan untuk mencerahkan wajah. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 cara mencerahkan wajah kusam secara cepat, alami, dan aman. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Memanfaatkan Kandungan Madu

Madu dikemas dengan sifat antioksidan, antiseptik, anti-inflamasi, dan pencerah kulit. Tidak heran industri kosmetik menggunakan bahan alami ini dalam begitu banyak produk mereka.

Campur 1 sdt masing-masing jus lemon dan madu lalu oleskan di wajah dengan lembut, sesuaikan dengan jalur pertumbuhan rambut. Biarkan 10 menit sebelum dibilas dengan air.

Selain itu kamu dapat mencerahkan kulit kusam dengan masker wajah yang terbuat dari madu dan oatmeal. Campurkan satu kuning telur dengan 2 sdm madu dan 3 sdm bubuk oat halus untuk mendapatkan pasta kental. Oleskan dengan lembut ke wajah, dan bersihkan setelah 20 menit. Kamu dapat melakukan ritual ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang kaya nutrisi dapat menghasilkan selaput yang menjaga kulit tetap terhidrasi. Kulit kering dapat terlihat kusam dan tidak bernyawa. Dosis kelembaban yang sehat di kulit meningkatkan penampilan dan kesehatannya. Kamu dapat memijat wajah dengan minyak kelapa hangat setiap hari di wajah dan tubuh agar kulit tetap lembab.

Selain itu, kamudapat menggunakannya sebagai masker. Campurkan 2 sdm. masing-masing minyak kelapa dan madu. Oleskan pada wajah dan cuci setelah 15 menit dengan air hangat.

Sifat antioksidan dan antibakteri dari minyak kelapa menyembuhkan kulit yang rusak sambil memerangi tanda-tanda penuaan dini.

Menggunakan Buah Lemon

Mencerahkan wajah kusam secara alami bisa menggunakan buah lemon. Dalam hal ini, buah lemon bisa digunakan sebagai bahan untuk membersihkan wajah. Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang bisa bermanfaat menjadi bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah. Lemon juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah penuaan dini.

Untuk mencerahkan kulit wajah, kamu bisa mengonsumsi jus lemon secara rutin dengan takaran yang cukup untuk mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Selanjutnya perasan ari lemon bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami. Kemudian, kulit lemon juga bisa digosokkan di area leher untuk menghilangkan bintik-bintik hitam.

Melakukan Eksfoliasi dengan Scrub Gula

Mencerahkan wajah kusam secara alami juga bisa menggunakan gula. Kamu bisa menggunakan gula untuk melakukan eksfoliasi pada wajah. Di sini, butiran gula halus bisa menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengeksfoliasi wajah.

Dengan cara ini, sel-sel kulit mati yang tertumpuk di atas permukaan kulit bisa terkikis dengan baik. Caranya cukup mudah, campurkan 1 sendok makan gula merah dan gula putih, kemudian tambahkan sedikit air. Aduk adonan hingga tercampur sempurna. Jika sudah menjadi pasta yang cukup halus, lalu oleskan pada wajah dan lakukan gerakan memutar secara perlahan.

Menggunakan Masker Yoghurt

Mencerahkan wajah kusam berikutnya ialah dengan memanfaatkan kandungan dari masker yoghurt. Yoghurt diketahui memiliki kandungan antibakterial alami yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, yoghurt juga memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Manfaat ini bisa didapatkan dengan menggunakan yoghurt sebagai bahan masker. Tambahkan sekitar 1 sendok teh yogurt dan madu ke 1/2 pisang halus. Oleskan pada wajah Anda dan bilas setelah 15 menit untuk membersihkan kulit Anda dari paparan sinar matahari dan kotoran akibat polusi.

Melakukan Olahraga dan Jaga Pola Makan

Percayakah kalau merawat wajah kusam bisa dilakukan dengan melakukan olahraga dan jaga pola makan? Rutin melakukan olahraga akan membuat kulit tampak lebih sehat. Karena olahraga mampu melancarkan peredaran darah dan mengeluarkan toksin yang ada di dalam tubuh, melalui keringat yang dikeluarkan saat olahraga.

Sedangkan menjaga pola makan, dapat membuat kulit lebih cerah dan terbebas dari jerawat. Ada baiknya Sahabat Fimela mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, untuk mencerahkan kulit wajah. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secara rutin, yaitu minimal 8 gelas perhari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading