Sukses

Beauty

5 Manfaat Mengejutkan dari Suntik Kolagen dan Vitamin C yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang belum sadar akan pentingnya zat kolagen bagi tubuh kita. Kolagen sangat penting untuk kesehatan kulit kita dan beberapa aspek kesehatan lainnya di seluruh tubuh kita. 

Selain itu, vitamin C juga merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen, dan sama pentingnya untuk kesehatan kulit kita. Jika kita kekurangan kolagen dan vitamin C, maka akan berdampak serius pada kesehatan kita. 

Dilansir dari kalumibeauty, dampak buruk seperti penuaan, paparan sinar matahari, genetika, dan pola makan yang buruk merupakan semua alasan mengapa produksi kolagen dan vitamin C di tubuh kita mulai menurun. Maka dari itu, ini juga merupakan alasan khas bagi kamu yang mengalami kekurangan dua zat tersebut. 

Kolagen dan vitamin C bekerja sama di dalam tubuh untuk memberikan manfaat kesehatan kulit yang luar biasa. Namun, kamu bisa mencegah kekurangan dua zat penting tersebut dengan metode suntik kolagen dan vitamin C, loh. 

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa harus suntik padahal ada cara lain seperti mengonsumsi suplemen atau minuman yang mengandung dua zat tersebut? 

Nah, bagi kamu yang masih ragu untuk memilih metode suntik ini, berikut 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan jika melakukan suntik kolagen dan vitamin C, dilansir dari healthline.

Menggantikan kolagen alami kulit

Seiring bertambahnya usia, akan terjadi pemecahan kolagen, yang membuat kadar zat kolagen yang ada dalam tubuhmu jadi menurun. Maka dari itu, suntikan kolagen dapat menggantikan pasokan kolagen asli tubuhmu.

Karena kolagen sebagian besar bertanggung jawab atas elastisitas kulit, maka suntikan kolagen ini akan membuat kulit tampak lebih muda. 

Mengurangi munculnya bekas luka

Kolagen juga berperan penting untuk mengisi jaringan lunak tubuh kita. Maka dari itu, keberadaan kolagen ini sangat ideal untuk memperbaiki tampilan bekas luka yang terlihat cekung atau berongga. 

Dilansir dari healthline, kolagen disuntikkan di bawah bekas luka untuk merangsang pertumbuhan kolagen dan untuk menggantikan sel-sel kulit mati yang disebabkan oleh bekas luka.

Mencegah kanker

Bukan hanya suntikan kolagen yang bisa bermanfaat bagi tubuh, namun suntik vitamin C juga tak kalah bermanfaat. 

Dilansir dari healthline, penelitian pada tahun 1970-an menunjukkan bahwa kadar vitamin C yang disuntikkan ke dalam tubuh akan berperan sebagai racun bagi sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel tubuh yang sehat.  

Dalam hal ini, vitamin C intravena dapat menghasilkan kadar vitamin C yang sangat tinggi dalam tubuh sehingga dapat mengurangi efek samping dari obat kanker. 

Namun, potensi manfaat suntikan vitamin C dalam pengobatan kanker ini masih kontroversial. Dalam tinjauan sistematis, ada peneliti juga yang menemukan bukti yang tidak memadai untuk menentukan apakah suntikan vitamin C bermanfaat untuk pengobatan kanker.

Menambah kekebalan tubuh

Beberapa orang menerima suntikan vitamin C untuk kesehatan umum atau untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Dengan menerima suntikan vitamin C, berarti mereka tidak harus ingat untuk minum pil suplemen setiap hari. 

Memang benar, bahwa vitamin C memiliki fungsi penting dalam tubuh, tetapi masih kontroversial apakah mengonsumsi vitamin C tambahan melalui suntikan memberikan keuntungan apapun bagi orang yang mengonsumsi cukup vitamin C dalam makanan mereka. 

Menurunkan berat badan

Suntikan vitamin C terkadang digunakan untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak memiliki asupan vitamin C yang cukup tidak dapat membakar lemak dengan baik. Ini berarti penting untuk memastikan asupan vitamin C yang cukup. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading