Sukses

Beauty

9 Cara Merawat Wajah Meskipun di Rumah Saja

Fimela.com, Jakarta Saat di rumah saja, bisa membuat kita malas melakukan perawatan wajah, karena tidak pergi kemana-mana dan tidak menggunakan makeup. Padahal merawat wajah tetap wajib dilakukan, meskipun di rumah saja.

Merawat wajah harus dilakukan secara rutin di pagi dan malam hari. Karena merawat wajah bisa membuat kulit tampak lebih cerah, awet muda, terlindungi dari sinar matahari, dan mencegah munculnya masalah kulit.

Sahabat Fimela bisa merawat wajah menggunakan skincare, yang kandungannya sesuai dengan jenis kulitmu. Berikut cara merawat wajah meskipun di rumah saja, dilansir dari berbagai sumber:

Cara Merawat Wajah yang Pertama

1. Mencuci Wajah

Cara merawat wajah yang pertama, yaitu mencuci wajah di pagi hari dengan sabun muka. Mencuci wajah bisa membuat kulit terasa segar, menyeimbangkan pH kulit di pagi hari, mencegah wajah kusam, mengontrol minyak, dan membersihkan sisa skincare semalam.

Sedangkan di malam hari, kamu bisa menggunakan teknik double cleansing atau membersihkan wajah dengan dua langkah. Langkah pertama, gunakan micellar water, cleansing balm atau cleansing oil, untuk mengangkat sisa riasan di wajah. Setelah itu, gunakan sabun muka dengan tekstur foam atau gentle, agar kulit wajah bersih secara optimal.

2. Aplikasikan Toner

Setelah mencuci wajah, kamu bisa mengaplikasikan toner ke kulit wajah menggunakan kapas atau langsung dengan tangan. Sebaiknya, gunakan hidrasi toner di pagi hari untuk membuat kulit lebih lembap, terasa segar dan minyak lebih terkontrol.

Untuk malam hari, kamu bisa menggunakan eksfoliasi toner yang mengandung AHA atau BHA, yang memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati, meregenerasi kulit, mencerahkan kulit, mencegah komedo dan membersihkan pori-pori tersumbat.

3. Gunakan Serum

Rawatlah wajahmu menggunakan serum, setelah toner meresap ke dalam kulit. Serum yang mengandung niacinamide, hyaluronoid acid, vitamin C atau kandungan alami, bisa digunakan di pagi hari untuk mencerahkan wajah, melembapkan kulit, dan mengatasi penuaan dini. Kandungan serum tersebut juga bisa digunakan pada malam hari, agar hasilnya lebih optimal di wajah.

Cara Merawat Wajah Pagi yang Selanjutnya

4. Pakaikan Pelembap

Agar kulit wajah lebih terawat dengan baik meskipun di rumah saja, gunakan pelembap di pagi dan malam hari. Baik kulit kering, kulit berminyak, atau kombinasi, pelembap harus tetap digunakan untuk melembapkan kulit, mengatasi penuaan dini, menghilangkan keriput, mengontrol minyak, mencerahkan wajah, menenangkan kulit iritasi, dan memberikan nutrisi lebih untuk kulit.

5. Jangan Lupakan Sunscreen

Saat pagi hari, jangan lupakan penggunaan sunscreen atau tabir surya, yang berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Kamu bisa memiliki physical sunscreen, chemical sunscreen atau hybrid sunscreen, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulitmu.

Meskipun di rumah saja, penggunaan sunscreen harus tetap diulangi setiap 4 jam sekali, dengan kandungan SPF 30 dan sebanyak 2 jari. Kamu juga bisa menggunakan sunscreen spray, untuk mengaplikasikan kembali sunscreen ke wajah.

6. Gunakan Eye Cream

Jangan lupa untuk menggunakan eye cream di malam hari. Karena kulit area mata memiliki lapisan yang tipis dan sensitif, sehingga memerlukan perlindungan dan perawatan ekstra menggunakan eye creamEye cream memiliki fungsi untuk mencerahkan kantong mata, menghilangkan mata sembap, menenangkan mata bengkak, memberikan sensasi relaksasi, dan menghilangkan garis keriput di area mata.

Cara Merawat Wajah Pagi yang Terakhir

7. Gunakan Masker Wajah

Kamu bisa melakukan perawatan wajah, dengan rutin menggunakan masker setiap seminggu dua kali. Masker bisa membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah, meremajakan kulit dan mengatasi berbagai macam masalah kulit.

Kamu bisa menggunakan masker bubuk organik, sheet mask, peel off mask, clay mask, sleeping mask, dan masker wajah lainnya yang disesuaikan dengan kondisi kulit.

8. Pakai Acne Spot

Kalau memiliki kulit wajah yang berjerawat, gunakan acne spot treatment atau krim totol untuk jerawat. Produk ini bisa digunakan pada malam hari, dan di aplikasikan pada daerah kulit yang berjerawat saja. Acne spot memiliki fungsi untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat, mengeringkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, dan mengatasi kemerahan di area jerawat.

9. Gunakan Pelembap Bibir

Cara merawat wajah yang terakhir, yaitu gunakan pelembap bibir secara rutin di pagi dan malam hari. Karena lapisan bibir sangat tipis dan sangat mudah kering, sehingga memerlukan pelembap untuk menghidrasi bibir, melembapkan bibir, memperbaiki tekstur bibir dan mencerahkan bibir gelap.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
9 Arti Mimpi Beli Baju Baru yang Jadi Pertanda Baik
Artikel Selanjutnya
30 Kutipan Terbaik Novel The Picture of Dorian Gray Karya Oscar Wilde