Sukses

Beauty

8 Penyebab Rambut Rontok pada Remaja

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok yang biasa dialami oleh remaja tentunya dapat dipengaruhi oleh masalah kulit kepala, hal ini dapat dikarenakan adanya faktor keturunan, perubahan hormone, kondisi medis atau bagian normal dari penuaan.

Rambut rontok juga juga dapat terjadi pada perempuan maupun pria, penyusutan rambut dapat dimulai sejak usia remaja, bagi seorang perempuan dapat mengalami kerontokan rambut secara turun temurun (alopecia). Rambut rontok juga merupakan salah satu masalah normal yang terjadi pada perempuan biasanya ia akan kehilangan antara 50 dan 100 rambut sehari.

Namun kamu jangan khawatir karena akan selalu tumbuh rambut baru yang akan menggantikan rambut yang hilang, selain itu rambut rontok juga dapat berkembang secara bertahap sealam bertahun-tahun maupun secara tiba-tiba, akan tetapi rambut rontok juga dapat bersifat permanen atau sementara.  Nah mari kita cari tahu apa saja penyebab rambut rontok pada remaja:

1. Usia

Seiring bertambahnya usia tentunya kebanyakan orang akan mengalami kerontokan rambut dan pertumbuhan rambut juga melambat. Pada hal ini folikel rambut akan berhenti menumbuhkan rambut, yang dapat menyebabkan rambut di kulit kepala kita menipis. Selain itu warna rambut akan memudar dan garis rambut perempuan secara alami akan mulai surut.

2. Perawatan Rambut

Bagi para remaja mencoba berbagai perawatan rambut tentunya salah satu hal yang biasa namun jika kamu terlalu sering mewarnai atau melakukan perawatan rambut akan menyebabkan kerontokan rambut lho.

3. Gaya Rambut

Tak hanya perawatan rambut ternyata gaya rambut menjadi salah satu faktor penyebab rambut rontok, berbagai gaya rambut nyetrik maupun simple juga menjadi ciri khas diri kita. Jika kamu mengikat rambut dan terlalu kencang akan menyebabkan kerontokan, perawatan rambut hot oil dan permanen dapat menyebabkan rontok.

4. Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab umum ketidakseimbangan ini adalah sindrom ovarium polikistik (PCOS) biasanya bagi perempuan yang mengalami ketidakseimbangan hormone akan mengalami rambut rontok.

5. Infeksi Kulit Kepala

Tak hanya beberapa faktor usia dan gaya rambut ternyata infeksi kulit juga berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut, hal ini akan menyebabkan area bersisik dan meradang dibagian kulit kepala kita.

6. Stress

Pasti kita sudah tahu bahwa Stress memang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan rambut, jika kamu mengalami stresss hal ini akan membuat kerontokan rambut secara umum dan hal ini tentunya akan bersifat sementara.

7. Menarik Rambut

Jika kamu sering menguncir rambut tentunya akan sering menarik rambut selain itu jika kamu mengalami stress mungkin akan menarik bagian rambut untuk mengatasi stress, jika kamu sadar bahwa hal ini akan membuat rambut kamu rontok lho.

8. Obat-Obatan tertentu

Rambut rontok juga bisa menjadi efek samping dari obat-obatan teretntu yang digunakan untuk penyakit kanker, depresi, masalah jantung, asam urat, dan tekanan darah tinggi.

Berikut Cara Mengatasi Rambut Rontok :

Cara yang terbaik untuk mengatasi rambut rontok adalah mengatasi akar masalahnya, nah berikut beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok berlebih :

  • Mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang dengan asupan kalori yang optimal.
  • Mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung Omega 3.
  • Kerasa dan sisir rambut yang lembut, serta kamu dapat mengolesi minyak untuk menutrisi rambut seperti minyak kelapa.
  • Menggunakan kopi, jika kamu ingin berkeramas gunakanlah kopi tanpa gula untuk berkeramas. Caranya kamu dapat mencampurkan kopi tanpa kandungan gula dan shampoo yang kamu gunakan, lalu bilas secara bersih.
  • Konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab rambut rontok lainnya.

Biasanya rambut rontok yang terjadi pada remaja adalah penyebab stress dan kurangnya nutrisi, namun kamu jangan khawatir karena dapat mencoba mengatasinya dengan beberapa diatas. Namun jika kamu mengalami kerontokan rambut yang berlebihan sebiaknya untuk konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Rekomendasi Buku Ensiklopedia untuk Anak yang Wajib di Baca
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Karang Gigi Menumpuk yang Sulit Dibersihkan