Sukses

Beauty

7 Makanan Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Tak hanya di area T saja jerawat muncul. Ternyata jerawat bisa muncul di pipi dan mengganggu penampilan. Pipi adalah area wajah yang terbuka dan rentan tersentuh benda-benda kotor, maka jerawat akan sangat mudah muncul di area pipi.

Jerawat di pipi ini tumbuh karena adanya penyumbatan pada pori-pori, yang disebabkan oleh debu, kotoran, dan minyak berlebih, kemudian terinfeksi oleh bakteri atau kuman. Setelah terinfeksi, jerawat akan meradang dan area pipi jadi kemerahan. Selain itu, jerawat di pipi juga bisa disebabkan karena sering mengonsumsi makanan yang tidak bergizi, dan bisa meningkatkan produksi minyak di lapisan kulit.

Jerawat di pipi ini bisa diatasi dengan rutin melakukan perawatan kulit secara alami, atau menggunakan skincare khusus untuk jerawat. Perawatan kulit ini harus dilakukan secara rutin dan konsisten. Berikut makanan penyebab jerawat di pipi dan cara mengatasinya:

Makanan Penyebab Jerawat di Pipi

1. Makanan Manis

Makanan penyebab jerawat di pipi yang pertama, yaitu makanan yang terlalu manis. Makanan manis memiliki kandungan gula tambahan yang tinggi. Kadar gula tinggi yang terkandung dalam suatu makanan, akan menyebabkan insulin dalam darah naik dan menyebabkan masalah kulit. Selain itu, mengkonsumsi makanan manis dapat memicu kenaikan hormon. Perubahan hormon ini yang akan membuat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih, dan memunculkan jerawat di pipi.

2. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan juga bisa menyebabkan jerawat di pipi. Karena makanan ini terbuat dari bahan tepung, yang kemudian diolah memiliki kadar gula yang tinggi seperti roti, biscuit, sereal dan pasta.  Sebenarnya karbohidrat olahan tidak terlalu banyak memproduksi minyak di kulit, tetapi kandungan gula pada karbohidrat olahan, akan membuat peradangan pada jerawat di pipi.

3. Camilan

Camilan adalah makanan yang sering kita konsumsi saat senggang. Pada dasarnya, satu bungkus plastik kripik memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan produksi minyak diwajah, dan meningkatkan insulin ditubuh. Kalau kamu memiliki wajah yang berjerawat, sebaiknya hindari mengonsumsi camilan.

4. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu seperti yogurt, keju dan es krim mengandung gula tambahan dan lemak, yang membuat insulin pada tubuh naik. Produk olahan susu dapat meningkatkan produksi minyak, dan bisa menyumbat pori-pori pada kulit wajah. Jika pori-pori pada kulit wajah tersumbat minyak, maka jerawat di pipi akan muncul dan meradang.

Makanan Penyebab Jerawat di Pipi Selanjutnya

5. Gorengan

Gorengan adalah makanan kesukaan orang Indonesia. Namun, proses pembuatan gorengan ini menggunakan minyak jenuh, yang kurang baik untuk tubuh maupun kulit. Gorengan juga terbuat dengan campuran tepung yang tinggi insulin dan bisa menyebabkan peradangan jerawat di pipi.

6. Telur

Pemilik jerawat di pipi, sebaiknya hindari mengonsumsi telur, apalagi pada bagian kuning telurnya. Karena telur memiliki banyak kandungan protein di dalamnya dan meningkatkan produksi minyak di wajah, sehingga kulit mudah berjerawat dan muncul bisulan.

7. Seafood

Makanan penyebab jerawat di pipi yang terakhir, yaitu makanan laut atau seafood. Karena seafood memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, dan jika kelebihan protein dapat mengakibatkan masalah kulit seperti jerawatdi pipi.

Cara Mengatasi Jerawat di Pipi

Sebenarnya, jerawat di pipi agak susah untuk dihilangkan. Sehingga membutuhkan waktu dan butuh kesabaran untuk mengatasinya. Cara mengatasi jerawat di pipi bisa menggunakan skincare yang mengandung AHA, BHA, retinol, centella asiatica, niacinamide, dan benzoyl peroxide.

Agar jerawat di pipi tidak meradang, hindari makanan yang jadi penyebab jerawat di kulit. Imbangi juga dengan melakukan olahraga secara rutin, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan dengan air putih minimal 2 liter sehari.

Selain itu, rajin untuk membersihkan wajah di malam hari dengan teknik double cleansing. Lakukan eksfoliasi seminggu 2 kali dan gunakan tabir surya di pagi dan siang hari. Jika jerawat tak kunjung sembuh, jangan lupa untuk periksa ke dokter kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading