Sukses

Beauty

9 Makanan Penyebab Jerawat di Pipi yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang sering disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat, faktor lingkungan, dan juga faktor keturunan. Kalau Sahabat Fimela sering menggunakan produk makeup, atau salah memilih produk skincare untuk jerawat, maka risiko munculnya jerawat akan lebih besar.

Biasanya jerawat akan muncul di area dagu, dahi dan hidung. Karena area tersebut memproduksi minyak lebih banyak, dari pada area kulit lainnya. Namun, jerawat juga bisa muncul dan meradang di area pipi.

Untuk mengatasi munculnya jerawat di pipi, kamu bisa menggunakan skincare khusus untuk menyembuhkan jerawat, berkonsultasi dengan dokter kulit, dan menghindari makanan penyebab jerawat. Berikut makanan penyebab jerawat di pipi yang harus dihindari, dilansir dari Liputan6.com:

Makanan Penyebab Jerawat di Pipi

1. Makanan yang Mengandung Gula Tambahan

Penyebab jerawat di pipi yang pertama, yaitu makanan manis yang mengandung gula tambahan. Makanan yang mengandung gula tambahan akan menyebabkan insulin dalam darah naik dan menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit. Sehingga pori-pori akan tersumbat oleh produksi minyak, dan menyebabkan timbulnya jerawat di pipi.

2. Camilan

Camilan adalah makanan yang sering kita konsumsi saat senggang, tetapi bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat di pipi. Karena dalam satu bungkus plastik kripik memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan produksi minyak diwajah, dan meningkatkan insulin ditubuh.

3. Produk Olahan Susu Sapi

Bagi pemiliki kulit berjerawat, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang terbuat dari olahan susu sapi, seperti yogurt, keju dan es krim. Produk olahan susu sapi ini memiliki kandungan tinggi lemak dan gula, yang bisa menyebabkan jerawat di pipi. Kamu bisa mengganti susu sapi dengan susu kedelai, susu kurma, dan susu kacang almon.

Makanan Penyebab Jerawat di Pipi

4. Makanan Cepat Saji

Walaupun praktis, tetapi makanan cepat saji atau fast food bisa menjadi penyebab jerawat di pipi. Karena makanan cepat saji diproses menggunakan minyak jenuh yang banyak, sehingga meningkatkan kadar lemak jahat di dalam tubuh. Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, yang berpengaruh terhadap jerawat.

5. Bubuk Protein

Sebenarnya bubuk protein diperlukan untuk pembentukan otot. Tetapi sering mengonsumsi bubuk protein, bisa menyebabkan munculnya jerawat di pipi. Karena bubuk protein bisa merangsang produksi insulin di dalam tubuh meningkat.

6. Buah Kering

Buah-buahan adalah makanan yang menyehatkan dan mengandung gizi seimbang. Namun sebaiknya hindari mengonsumsi buah kering, karena buah kering memiliki kandungan yang tinggi gula tambahan. Hindari juga mengonsumsi jus buah yang menggunakan gula tambahan. Karena gula tambahan bisa menyebabkan jerawat di pipi.

Makanan Penyebab Jerawat di Pipi

7. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan juga bisa menyebabkan jerawat di pipi. Karena makanan ini terbuat dari bahan tepung, yang kemudian diolah memiliki kadar gula yang tinggi seperti roti, biscuit, sereal dan pasta. Dalam karbohidrat olahan memiliki kandungan gula yang bisa membuat jerawat di pipi meradang.

8. Telur

Telur adalah makanan yang tinggi protein dan baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi telur, bisa menimbulkan peradangan jerawat di pipi. Karena telur memiliki banyak kandungan protein di dalamnya dan meningkatkan produksi minyak di wajah, sehingga kulit mudah berjerawat dan muncul bisulan.

9. Seafood

Makanan penyebab jerawat di pipi yang terakhir, yaitu makanan laut atau seafood. Karena seafood memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, dan jika kelebihan protein dapat mengakibatkan masalah kulit seperti jerawat di pipi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading