Sukses

Beauty

5 Penyebab Jerawat Nodul dan Cara Menghilangkannya

Fimela.com, Jakarta Salah satu jenis jerawat yang muncul di kulit wajah adalah jerawat nodul. Jerawat nodul merupakan jerawat yang timbul dipermukaan kulit wajah, yang disebabkan karena produksi minyak berlebih dan pori-pori tersumbat.

Jerawat nodul memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan jerawat batu, yaitu berukuran besar, memiliki tekstur yang keras, berisi nanah dan meradang. Peradangan pada jerawat nodul biasanya meradang hingga ke dalam lapisan kulit, yang menyebabkan jerawat ini menjadi sakit.

Jerawat nodul ini dapat menyebar keseluruh wajah, jika sering disentuh dengan tangan atau dipencet. Untuk mencegah tumbuhnya jerawat nodul, yuk simak penyebab jerawat nodul dan cara menghilangkannya berikut ini:

Penyebab Jerawat Nodul

1. Jarang Membersihkan Wajah

Penyebab jerawat nodul yang pertama adalah karena jarang membersihkan wajah. Kotoran, debu atau sisa makeup yang menempel di wajah, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan muncul komedo di wajah. Hal ini menyebabkan kulit wajah rentan terkena jerawat nodul yang meradang.

2. Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

Kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak, seperti gorengan, makanan cepat saji, junk food, makanan kemasan dan makanan olahan, bisa menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit. Sebenarnya minyak alami pada kulit bisa membantu melembapkan kulit, tetapi jika terlalu banyak memproduksi minyak di kulit, maka pori-pori tersumbat dan jerawat nodul muncul di wajah.

3. Sering Mengonsumsi Makanan Manis

Selain makanan berlemak, makanan manis juga bisa menyebabkan jerawat nodul. Makanan manis yang mengandung gula tambahan, bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, dan meningkatkan produksi minyak. Tingginya kadar insulin ini, bisa menyebabkan peradangan jerawat nodul menjadi susah sembuh.

4. Jarang Berolahraga

Olahraga adalah kebiasaan bagus yang bisa membantu mencegah tumbuhnya jerawat nodul. Karena olahraga akan mengeluarkan keringat, kemudian membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Kalau kamu jarang berolahraga, jerawat nodul akan mudah tumbuh di wajah dan terjadi peradangan.

5. Salah Memilih Produk Skincare dan Makeup

Bagi pemilik kulit berjerawat, sebaiknya hati-hatilah dalam memilih produk skincare dan makeup, karena bisa menyebabkan jerawat nodul semakin meradang. Untuk kulit berjerawat, sebaiknya hindari penggunaan skincare yang mengandung mineral oil, vitamin E, vitamin C dan lain sebagainya. Sedangkan untuk makeup, gunakan produk yang memiliki klaim hypoallergenic dan non-comedogenic.

Proses Terbentuk Jerawat Nodul

Secara umum jerawat disebabkan karena kelenjar minyak memproduksi minyak. Di dalam kulit wajah terdapat kelenjar minyak, yang memiliki fungsi untuk memproduksi minyak dan melembapkan kulit wajah. Proses terjadinya jerawat nodul mirip dengan proses terjadinya jerawat biasa, yaitu saat terjadi penyumbatan pada pori-pori akibat produksi minyak berlebih.

Kondisi ini akan membuat sel kulit mati yang menumpuk, kuman dan bakteri yang berkembang di dalam pori-pori. Munculnya jerawat nodul ini, mengakibatkan peradangan pada lapisan kulit yang terdalam, dan bisa menyebar keseluruh permukaan kulit. Sehingga jerawat nodul ini susah untuk disembuhkan.

Cara Menghilangkan Jerawat Nodul

Tak perlu khawatir, jika jerawat nodul tumbuh di wajah kamu. Karena jerawat nodul ini bisa disembuhkan dengan rutin melakukan perawatan kulit, dan menggunakan produk skincare yang tepat. Skincare yang bisa mempercepat hilangnya jerawat nodul adalah skincare yang mengandung salicylic acid, retinol, ceramide dan benzoyl peroxide.

Selain menggunaan produk perawatan kulit, lakukanlah olahraga secara rutin dengan intensitas sedang, seperti melakukan jogging, bersepeda, jalan kaki, yoga atau senam. Imbangi juga dengan mengonsumsi air putih secara rutin dan makan makanan yang bergizi tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran hijau.

Jangan lupa untuk mengatur pola makan yang lebih baik, dengan menghindari makanan berlemak, makanan terlalu manis, menghindari alkohol, dan hindari soda. Jika jerawat nodul tidak segera sembuh, konsultasikan kepada dokter kulit untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang terbaik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading