Sukses

Beauty

7 Penyebab Jerawat di Hidung dan Cara Mengobatinya

Fimela.com, Jakarta Hidung adalah area wajah yang bisa ditumbuhi jerawat. Karena pada bagian hidung terdapat kelenjar minyak yang memproduksi minyak lebih banyak daripada area lainnya. Jerawat di hidung ini mengganggu penampilan, dan membuat hidung terasa nyeri atau sakit saat disentuh.

Produksi minyak berlebih di area hidung, bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori. Hal ini akan memicu munculnya komedo. Jika komedo tersebut terinfeksi bakteri penyebab jerawat, maka jerawat di hidung akan meradang dan menyebar ke area wajah lainnya.

Walau jerawat di hidung sangat menyebalkan, tetapi jerawat di hidung bisa diobati dengan mudah. Pengobatannya harus dilakukan secara rutin dan konsisten. Berikut penyebab jerawat di hidung dan cara mengobatinya:

Penyebab Jerawat di Hidung

1. Penumpukan Sel Kulit Mati

Penyebab jerawat di hidung yang pertama adalah karena adanya penumpukan sel kulit mati di sekitar hidung. Penumpukan sel kulit mati ini membuat hidung jadi komedoan. Sehingga jerawat mudah muncul di sekitar hidung.

2. Produksi Minyak Berlebih

Sama seperti penumpukan sel kulit mati. Produksi minyak berlebih di area hidung, bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, dan memicu munculnya jerawat di hidung. Hidung adalah area wajah yang memproduksi minyak lebih banyak daripada area lainnya.

3. Perubahan Hormon

Jerawat di hidung bisa muncul saat terjadi perubahan hormon pada perempuan. Biasanya kondisi ini dialami pada saat masa haid, kehamilan, menyusui, dan menjelang menopause. Terjadinya perubahan hormon ini, mengakibatkan produksi minyak berlebih di area hidung.

4. Pola Makan yang Tidak Sehat

Penyebab jerawat di hidung yang selanjutnya, yaitu karena sering melakukan pola makan yang tidak sehat. Terkadang hal ini jarang sekali di sadari. Pola makan tidak sehat ini disebabkan karena kamu sering mengonsumsi gorengan, makanan kemasan, makanan olahan, makanan cepat saji, junk food, daging merah, makanan manis dan semacamnya.

Penyebab Jerawat di Hidung

5. Sering Menyentuh Hidung

Kebiasaan sering menyentuh hidung dengan tangan, bisa menyebabkan peradangan jerawat di hidung. Karena tangan sering digunakan untuk memegang sesuatu, sehingga ada banyak bakteri atau kotoran yang menempel di tangan, dan bisa jadi penyebab jerawat di hidung. Sebaiknya cuci tangan sampai bersih sebelum memegang hidung, atau gunakan tisu untuk memegang hidung.

6. Salah Menggunakan Produk Makeup

Kalau setiap hari kamu sering menggunakan makeup, sebaiknya hati-hatilah memilih produk makeup yang cocok untuk kulit berjerawat dan sensitif. Karena salah memilih produk makeup bisa menyebabkan kulit berminyak, tumbuh komedo dan muncul jerawat di hidung. Untuk itu gunakan makeup yang memiliki klaim non-comedogenic dan hypoallergenic, agar tidak menyebabkan jerawat di hidung.

7. Kulit Dehidrasi

Penyebab jerawat di hidung yang terakhir, yaitu karena kulit kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Saat kulit dehidrasi, kelenjar minyak akan memproduksi lebih banyak minyak untuk melembapkan kulit. Namun banyaknya minyak yang diproduksi ini, justru mengakibatkan penyumbatan pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Cara Mengobati Jerawat di Hidung

Tak perlu merasa insecure atau khawatir jika memiliki jerawat di hidung. Jerawat ini bisa diobati dengan obat jerawat yang memiliki kandungan retionid, benzoil peroksida, asam salisilat dan asam azelaic. Kandungan dalam obat jerawat tersebut, ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat, menyembuhkan peradangan dan menghilangkan komedo.

Kamu juga bisa mencegah pertumbuhan jerawat di hidung menggunakan produk skincare, yang memiliki sifat sebagai eksfoliator. Mengubah pola hidup menjadi lebih baik, juga bisa membantu mencegah jerawat di hidung, dengan rajin berolahraga, tidak begadang, rutin mengonsumsi buah dan sayur, serta mencukupi kebutuhan cairanmu.

Jika jerawat di hidung tidak kunjung sembuh, kamu bisa mengkonsultasikan kondisi ini kepada dokter kulit. Sahabat Fimela akan mendapatkan penanganan dan pengobatan jerawat yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading