Sukses

Beauty

7 Penyebab Rambut Ikal yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Ada yang memiliki rambut ikal, rambut lurus, rambut bergelombang dan lain sebagainya, yang dimiliki sejak lahir. Namun ada juga yang mengalami perubahan jenis rambut, seperti yang awalnya memiliki rambut lurus berubah menjadi rambut ikal.

Penyebab rambut ikal ini sering tidak disadari. Secara umum, perubahan rambut dapat disebabkan karena faktor usia dan hormon. Rambut ikal adalah rambut yang mengembang atau bervolume, dengan bentuk yang disebut dengan corkscrews atau mirip dengan pembuka botol. Rambut ikal ini memiliki tingkat kerapatan yang berbeda, mulai dari longgar, rapat hingga bouncy.

Rambut ikal termasuk rambut yang unik dan sangat indah, jika dirawat dengan benar. Karena rambut ikal yang tidak dirawat, akan terlihat sangat kering dan susah untuk diatur. Berikut penyebab rambut ikal dan cara merawatnya, dilansir dari Merdeka.com:

Penyebab Rambut Ikal

Pada dasarnya jenis rambut pada setiap orang akan mengalami perubahan. Hal ini disebabkan karena folikel rambut mempengaruhi perubahan jenis rambut. Sehingga sangat wajar jika memiliki rambut lurus, kemudian berubah menjadi rambut ikal.

Selain folikel rambut, adanya asam amino pada rambut juga berpengaruh terhadap perubahan jenis rambut. Saat folikel rambut menipis dan rata, maka asam amino akan menarik helaian rambut dan menyebabkan rambut ikal. Berikut penyebab rambut ikal yang lainnya:

1. Faktor usia.

2. Perubahan hormon pada saat pubertas.

3. Pengaruh obat-obatan kimia.

4. Sering menggunakan pengering rambut.

5. Faktor keturunan.

6. Terlalu sering terpapar sinar matahari dan radikal bebas.

7. Tidak pernah melakukan perawatan rambut.

Cara Merawat Rambut Ikal

1. Jangan Keramas Terlalu Sering

Cara merawat rambut ikal yang pertama, yaitu jangan melakukan keramas terlalu sering. Karena rambut ikal sangat mudah kering, sehingga keramas terlalu sering akan membuat kondisi rambut menjadi lebih kering dan terlihat kusut. Usahakan untuk menggunakan sampo pada kulit kepala saja, agar bagian ujung rambut ikal tidak mudah kering atau bercabang. Pastikan membeli sampo yang bebas SLS.

2. Gunakan Kondisioner

Agar rambut ikal terlihat lebih sehat, berkilau dan mudah diatur, sebaiknya gunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner diperkaya dengan kandungan vitamin yang baik untuk rambut. Kondisioner juga memiliki manfaat yang bisa menjaga kekuatan rambut ikal, agar tidak mudah patah atau rontok.

3. Sisir dengan Gigi Jarang

Menggunakan sisir yang giginya rapat, bisa membuat rambut ikal jadi rusak, mudah patah dan kusut. Untuk itu, gunakan sisir yang giginya jarang. Kamu juga bisa menyisir rambut ikal hanya dengan jari tangan saja setelah keramas.

4. Rutin Menggunakan Masker Rambut

Sahabat Fimela juga bisa menggunakan masker rambut setiap seminggu sekali setelah keramas.Masker rambut dapat membantu mencegah masalah rambut, dan membantu menyehatkan rambut ikal. Kamu bisa menggunakan masker rambut kemasan atau yang terbuat dari bahan alami, seperti madu, kiwi dan lidah buaya.

5. Hindari Pengering Rambut

Cara merawat rambut ikal yang terakhir, yaitu hindari mengeringkan rambut dengan pengering rambut. Karena pengering rambut seperti hair dryer dan catokan, bisa membuat rambut ikal menjadi lebih kering dan kusut. Sebaiknya gunakan handuk yang bahannya lembut dan keringkan secara alami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading