Sukses

Beauty

4 Produk Skincare untuk Kulit Berminyak dan Kusam, Jangan Ada yang Terlewat Ya!

Fimela.com, Jakarta Kulit berminyak dan kusam dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti genetika, diet, stres, dan iklim. Namun, pada intinya, kulit berminyak adalah hasil dari peningkatan produksi sebum. 

Peningkatan produksi sebum ini rentan menyebabkan pori-pori tersumbat dan membesar. Kabar baiknya, untuk mengatasi kulit berminyak dan kusam, kamu cukup menggunakan produk skincare yang tepat.

Dikutip dari Byrdie.com, para dermatologis menyarankan beberapa tahapan skincare yang tak boleh terlewatkan oleh pemilik kulit berminyak dan kusam. Berikut beberapa rekomendasi skincare yang patut kamu coba apabila memiliki kulit berminyak dan kusam.

Rekomendasi produk skincare untuk kulit berminyak dan kusam

1. Cleanser

Untuk kesehatan kulit wajah secara keseluruhan, penting untuk menggunakan pembersih. Pembersih wajah memiliki beberapa jenis, misalnya facial foam, milk cleanser, hingga cleansing oil. Salah satu teknik membersihkan wajah yang patut kamu coba adalah double cleansing menggunakan micellar water dan facial wash!

2. Pelembap

Banyak orang beranggapan bahwa pemilik wajah berminyak pantan menggunakan pelembap. Alasannya, pelembap bisa menyumbat pori-pori hingga membuat wajah semakin berminyak. 

Eits, justru pelembap adalah salah satu produk skincare yang tak boleh pemilik kulit berminyak dan kusam lewatkan, loh! Dengan tak mengoleskan pelembap yang cukup, kulit bisa menghasilkan lebih banyak minyak.

Rekomendasi produk skincare untuk kulit berminyak dan kusam

3. Sunscreen

Tak hanya untuk kulit berminyak dan kusam, sunscreen penting bagi semua jenis kulit. Sunscreen berguna menangkal sinar UV jahat penyebab kanker kulit. Selain itu, sunscreen bisa membantu meratakan warna kulit sehingga kulit menjadi tidak kusam lagi.

4. Retinol

Retinol membantu  kulit untuk mengurangi tampilan garis-garis halus dan mengelupas pada kulit. Selain itu, Retinoid mampu mengurangi sebum, meningkatkan pergantian sel, dan memperbaiki pigmentasi. Kerennya, kandungan satu ini juga bisa mencegah jerawat!

Selain produk dan kandungan skincare yang patut kamu coba, ada beberapa kandungan yang harus dihindari pemilik kulit berminyak dan kusam. Hindarilah produk yang mengandung minyak sayur, minyak kelapa, petroleum jelly, cocoa, dan shea butter. Kandungan tersebut terlalu “berat” dan berpotensi menyumbat pori-pori. 

 

*Penulis: Ersya Fadhila Damayanti.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading